Advertisement

WISATA SLEMAN : Ada Candi Unik di Tengah Dusun Palgading

Selasa, 22 November 2016 - 18:20 WIB
Nina Atmasari
WISATA SLEMAN : Ada Candi Unik di Tengah Dusun Palgading Candi Palgading yang menjadi wisata unggulan di desa wisata Palgading, Sinduarjo, Ngaglik, Sleman, Minggu (20/11/2016). (Yudho Priambodo/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Wisata Sleman berupa candi di Dusun Palgading ini belum banyak diketahui orang

Harianjogja.com, SLEMAN- Candi Palgading yang terletak di Dusun Palgading, Sinduarjo, Ngaglik, Sleman menjadi destinasi unggulan bagi wisatawan yang berlibur ke Desa Wisata Palgading. Lokasinya berada tepat di tengah-tengah desa membuat keberadaannya belum banyak diketahui oleh orang.

Advertisement

Menurut pengelola Desa Wisata Palgading, Agus, mengatakan candi tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 2006 oleh salah seorang warga yang sedang membangun pagar di tanah pekarangan miliknya. Kemudian setelah itu kemunculannya seperti membuat sebuah magnet yang menarik perhatian dari para wisatawan.

"Meski tidak besar, wisatawan yang berkunjung ke desa wisata sangat tertarik untuk melihat keberadaan candi ini," katanya, Minggu (20/11/2016).

Dikatakannya meski selain candi ada beberapa pilihan lain dari lokasi-lokasi wisata di desa wisata Palgading yang mengutamakan kehidupan masyarakat desa seperti home stay, ikut menanam padi di sawah, membuat kerajinan tangan dan memasak khas makanan pedesaan, dan belajar tentang kesenian dan kebudayaan di Desa palgading.

Dengan demikian bagi wisatawan yang berkunjung mereka bukan hanya akan menikmati keindahan-keindahan wisata alam di Desa Palgading namun wisatawan bisa langsung ikut serta terjun untuk ikut berbagai kegiatan wisata yang ada.

Kata Agus, selama ini memang banyak wisatawan yang berkunjung, kebanyakan mereka memang berasal dari luar daerah dan cenderung dari wilayah-wilayah perkotaan.

"Mereka sangat menikmati tinggal di desa, meski hanya sehari dua hari namun kesan tinggal di desa dengan keramahan warga dan suasana sangatlah membuat mereka bahagia. Mereka bisa bertani, outbond, memasak, dan membuat kerajinan tangan atau melakukan kegiatan yang tidak biasa mereka lakukan di kota," ujarnya.

Selain itu, yang menjadi unggulan juga dari desa wisata Palgading adalah kegiatan masyarakatnya yang membuat kerajinan serat alam untuk dijadikan berbagai macam souvenir, mulai dari tas belanja, tempat tisue, taplak meja, dan hiasan dinding.

"Itu juga menjadi andalan, memang sebagian besar masyarakat membuat kerajinan tangan untuk dijual. Bahkan penjualan kerajinan tangan yang dihasilkan oleh mereka sudah dijual sampai keluar daerah seperti Semarang, Bandung, Jakarta, dan beberapa kota di Sumatera dan Kalimantan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement