NATAL & TAHUN BARU : Bersamaan Libur Sekolah, Peningkatan Kendaraan Umum Tak Signifikan

16 Desember 2016 08:55 WIB Sunartono Jogja Share :

Natal & Tahun Baru, persiapan menjelang kedatangan wisatawan.

Harianjogja.com, JOGJA -- Dinas Perhubungan DIY menyiapkan ribuan bus dan taksi untuk mendukung angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2017. Angkutan jalan dari berbagai jenis layanan itu memiliki daya tampung sekitar 82.600 penumpang.

(Baca Juga : http://www.solopos.com/2016/12/15/natal-tahun-baru-ribuan-bus-dan-taksi-siap-angkut-penumpang-776870">NATAL & TAHUN BARU : Ribuan Bus dan Taksi Siap Angkut Penumpang)

Rencana, kata Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY Harry Agus Triono, untuk bus pariwisata dimasukkan dalam cadangan, tetapi hasil koordinasi dengan Organda DIY, bus pariwisata sudah banyak yang disewa. Tetapi, Harry memprediksi ketersediaan unit selain pariwisata dinilai masih cukup untuk mengangkut penumpang. Karena banyak masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, apalagi libur Natal dan Tahun Baru bersamaan dengan libur sekolah.

"Pemakaian bus reguler prediksinya juga tidak terlalu [signifikan], sesuai dengan kapasitas. Berbeda kalau mudik lebaran, pemudik tidak dapat tiket kereta, pesawat maka naik angkutan umum, sehingga armada banyak terpakai," ungkapnya, Kamis (15/12/2016)

Dukungan angkutan kereta api, lanjutnya, terdiri atas 19 kereta api reguler, 31 kereta api lokal dan tujuh kereta barang. Beberapa kereta tambahan juga disiapkan, seperti Argo Lawu Argo Dwipangga untuk tujuan Gambir - Solo. Kemudian tujuan Solo - Bandung didukung oleh Lodaya Pagi dan Lodaya Singa. Selain itu Sancaka tambahan juga dioperasikan untuk tujuan Jogja - Surabaya serta kereta untuk tujuan Lempuyangan - Pasar Senen.

"Itu hasil koordinasi dengan PT KAI Daop VI akhir November kemarin," ujarnya.

Harry mengatakan, dukungan angkutan udara, untuk reguler disiapkan sebanyak 72 penerbangan dan lima penerbangan internasional. Selain itu, disepakati tambahan satu penerbangan tambahan untuk domestik.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD DIY Eko Suwanto berharap ketersediaan angkutan itu dapat menjadi sarana terbaik bagi masyarakat. Sehingga siapa saja yang akan berkunjung ke DIY mendapat pelayanan nyaman terutama yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru.

"Kita sepakat, bahwa DIY tetap aman dan nyaman untuk dikunjungi pada saat Natal dan Tahun Baru," kata dia.