Advertisement

UKM KULONPROGO : Hapus Persepsi Panahanan Mahal, Joko Produksi Busur Murah

Rima Sekarani
Jum'at, 23 Desember 2016 - 15:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
UKM KULONPROGO : Hapus Persepsi Panahanan Mahal, Joko Produksi Busur Murah Aning Widianti memeragakan cara menggunakan busur panah yang dibuat suaminya, Joko Triyanto di Dusun Ngulakan, Desa Hargorejo, Kokap, Kulonprogo. Foto diambil pada Juli lalu. (Rima Sekarani I.N./JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

UKM Kulonprogo kali ini mengenai olahraga panahan

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Olahraga panahan selama ini kurang diminati masyarakat karena dianggap memerlukan alat yang mahal. Salah satu Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kulonprogo bernama Joko Triyanto kemudian berusaha membuat busur panah yang jauh lebih murah, tetapi tetap layak untuk latihan bermain panahan.

Advertisement

Joko membuat busur panah dan beberapa aksesoris pendukung lain di rumahnya, Dusun Ngulakan, Desa Hargorejo, Kokap, Kulonprogo. Menurutnya, belum banyak orang yang melakoni pekerjaan itu di DIY. “Saya juga baru mulai dua tahun yang lalu,” kata Joko kepada Harianjogja.com, beberapa waktu lalu.

Joko memulai usaha tersebut karena dia dan Perpani Kulonprogo ingin membuat panahan tidak lagi dianggap sebagai olahraga eksklusif. Mereka berusaha menciptakan busur panah dengan harga yang terjangkau. Hal itu setidaknya membuat masyarakat mau berlatih panah. Mereka bahkan diperbolehkan mencoba secara cuma-cuma dengan menggunakan alat yang Perpani Kulonprogo sediakan.

“Dulu ada yang ingin ikut panahan tapi lalu menghilang setelah dikasih tahu butuh alat seharga Rp6 juta,” ungkap dia.

Joko membuat busur panah dari kayu mahoni dan pipa pralon. Dia mendesainnya dalam berbagai ukuran karena disesuaikan dengan kondisi pemain, yaitu mulai dari anak-anak hingga dewasa. Dalam sehari, dia dan beberapa rekannya bisa menyelesaikan empat sampai lima unit per hari. Alat itu kemudian kebanyakan dijual di Jogja dan sekitarnya seharga Rp500.000 per unit. Ada pula yang dijual ke wilayah Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Riau, hingga Papua. Permintaan umumnya berasal sari kalangan pelatih, klub panahan, dan sekolah yang memiliki ekstrakurikuler panahan.

Soal kualitas, Joko mengaku kualitas produk impor jelas tetap jauh lebih baik. Meski begitu, hal itu tidak masalah karena busur panahnya memang hanya untuk berlatih teknik dasar panahan, bukan dipakai dalam kejuaraan yang menuntut akurasi tinggi. “Ini khusus untuk latihan teknik saja, bukan akurasi.

Selain busur panah, Joko juga memproduksi aksesoris olahraga panahan, seperti pelindung dada, pelindung jari, tas panah, dan lainnya. Istrinya, Aning Widianti, sering membantunya membuat aneka aksesoris itu. “Sekarang semakin banyak yang tertarik belajar panahan karena alatnya lebih murah,” ujar Aning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement