Pansel Lelang Jabatan Sudah Serahkan Hasil ke Bupati

24 Januari 2018 15:20 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Tahapan seleksi dalam lelang sudah berakhir

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Panitia seleksi (pansel) lelang jabatan pimpinan tinggi pratama Pemkab Gunungkidul telah menyerahkan nama calon pimpinan tinggi pratama ke bupati. Adanya penyerahan ini maka tahapan seleksi sudah memasuki tahap akhir.

Ketua Pansel lelang jabatan Pemkab Gunungkidul Drajad Ruswandono mengakui tahapan seleksi dalam lelang sudah berakhir. Ini ditandai dengan penyerahan nama-nama calon pejabat tinggi pratama ke bupati.

Selain itu, sambung dia, untuk lowongan calon sekretaris DPRD ada persyaratan khusus. Pasalnya, dalam seleksi tidak hanya hasil tes yang menjadi dasar, namun rekomendasi dari DPRD juga dibutuhkan. “Semua nama calon sudah kami serahkan. Di setiap lowongan ada tiga nama yang diajukan. Jadi total nama yang diserahkan ke bupati ada 12 orang,” kata Drajad kepada wartawan, Senin (22/1/2018).

Disinggung mengenai nama-nama yang maju ke bupati, Drajad belum memberikan secara detail. Hanya saja, lanjut dia, untuk transparansi nama-nama yang maju akan diumumkan di laman resmi milik pemkab. “Akan kita umumkan bisa semuanya terlihat jelas dan transparan,” ujar Sekretaris Daerah Gunungkidul ini.

Lebih jauh dikatakan Drajad, setelah penyerahan nama calon hasil seleksi terbuka bupati, masih ada satu tahapan yang dilalui sebelum kandidat terpilih diumumkan. Untuk penentuan calon terpilih, bupati masih harus mengkonsultasikan ke Pemerintah Pusat dan KASN.

“Mudah-mudahan dalam minggu ini sudah bisa dikonsultasikan dan nama kandidat terpilih bisa segera diumumkan,” kata mantan Sekretaris DPRD DIY ini.

Kepala Bagian Protokol dan Persidangan, Sekretariat DPRD Gunungkidul Agus Hartadi mengakui dirinya ikut dalam seleksi terbuka untuk posisi sekretaris DPRD. Menurut dia, seluruh tahapan tes telah dilalui dan tinggal menunggu pengumumannya. “Saya sudah melewati tahapan dalam seleksi. Untuk hasil, kami serahkan ke pada Tuhan Yang Maha Esa karena keputusan sudah ada yang menggariskan,” katanya.

Untuk diketahui dalam lelang jabatan Pemkab Gunungkidul ada empat lowongan yang dibuka. Keempat lowongan ini di antaranya Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik serta Kepala Dinas Pariwisata. Proses pendaftaran lelang jabatan ini dibuka pertengahan November 2013 lalu dengan jumlah pelamar sebanyak 23 orang.