Advertisement

Burung Hantu Bikin Heboh Siswa PAUD, Petugas Damkar Sleman Pun Beraksi

Nugroho Nurcahyo
Kamis, 04 Oktober 2018 - 05:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
Burung Hantu Bikin Heboh Siswa PAUD, Petugas Damkar Sleman Pun Beraksi Petugas Damkar Sleman menangkap burung hantu yang masuk ke ruang kelas PAUD Putra Putri Godean (Papigo) Sidoluhur, Godean, Sleman, Rabu (3/10) pagi. - Istimewa/PAUD Papigo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Petugas Pemadam Kebakaran Sleman tak hanya beraksi saat ada si jago merah melalap bangunan. Pada Rabu (3/10), pasukan penjinak api ini tiba-tiba harus berjibaku menangkap burung hantu yang masuk ke dalam ruang kelas sebuah sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD).

Fitri Iqromah, salah satu pengajar di PAUD Putra Putri Godean (Papigo) Sidoluhur, Godean, Sleman,  menceritakan, pada Rabu pagi, ketika kegiatan belajar mengajar hendak dimulai di PAUD Papigo, suasana kelas mendadak gaduh. Anak-anak yang semula sedang berdoa dengan tenang, sontak menjerit ketakutan dan berlarian keluar kelas. “Ada seekor burung hantu tiba-tiba terbang di dalam kelas,” ujar Fitri, Rabu.

Advertisement

Para guru lalu mencoba menenangkan anak-anak agar tidak gaduh sehingga binatang itu tidak merasa terancam dan malah menjadi agresif.  Selama hampir 20 menit, burung hantu tersebut hanya terbang mondar-mandir di dalam kelas  tanpa bisa keluar meskipun pintu dan jendela sudah dibuka.

“Karena tidak ada guru yang berani menangkap, kami berinisiatif memanggil petugas pemadam kebakaran  Sleman yang bermarkas di Godean agar membantu menangkap burung hantu tersebut,” kata Fitri.

Selang 30 menit, mobil pemadam kebakaran dengan tiga personel di dalamnya yakni Sigit Kurniawan, Agung Yulianto dan Rezha Aprianto, tiba di sekolah. Kedatangan tiga petugas damkar disambut bak kedatangan superhero oleh anak-anak PAUD.

“Anak-anak antusias menyambut petugas damkar. Mereka sampai heboh dan pengin ikut masuk kelas melihat proses penangkapan burung hantu,” imbuh Risti Kurniasih, guru PAUD Papigo.

Tak berselang lama, dan dengan sejumlah upaya, Sigit Kurniawan dkk pun berhasil menangkap burung hantu itu.

Petugas Damkar Sleman menangkap burung hantu yang masuk ke ruang kelas PAUD Putra Putri Godean (Papigo) Sidoluhur, Godean, Sleman, Rabu (3/10) pagi./ Istimewa-PAUD Papigo

Menurut Sigit, burung hantu yang kesasar masuk ruang kelas PAUD itu adalah burung hantu serawak jawa (tyto alba javanica). Burung ini sengaja dilepas liarkan oleh para petani di lahan persawahan sebagai predator alami untuk mengatasi hama tikus. Lokasi PAUD Papigo yang berada di antara lahan persawahan, kata Sigit, kemungkinan menjadi jalur terbang si burung hantu.

“Akan kami lepaskan kembali [burung hantunya],” kata Sigit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cak Imin Tetapkan Kriteria Calon Kepala Daerah yang Diusung PKB

News
| Sabtu, 20 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement