Advertisement

Tiga Kasus Dugaan Politik Uang di DIY Kandas

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 23 November 2018 - 06:46 WIB
Bhekti Suryani
Tiga Kasus Dugaan Politik Uang di DIY Kandas ILustrasi Politik uang - JIBI/Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY menerima tiga aduan terkait pelanggaran Pemilu. Namun ketiganya tidak dapat dilanjutkan ke tahap penyidikan karena dinyatakan tidak memenuhi unsur pidana.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu DIY Sri Werdiningsih mengatakan sejauh ini ada 24 kasus pelanggaran yang ditangani Bawaslu. Sebanyak 21 kasus masuk pelanggaran administrasi dan tiga kasus dugaan pelanggaran pidana pemilu. "Paling banyak yang diadukan adalah persoalan politik uang,” katanya, Kamis (22/11/2018).

Tiga kasus dugaan pidana Pemilu tersebut sebanyak dua kasus terjadi di Kabupaten Sleman dan satu kasus di Kabupaten Kulonprogo. Di Sleman kasus yang diadukan terkait dugaan politik uang dan kampanye di tempat pendidikan, sedangkan di Kulonprogo dugaan kasus politik uang sekaligus kampanye di tempat ibadah.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Menurut Ningsih, dugaan kasus politik uang di Sleman dilakukan oleh salah satu calon anggota legislatif. Modusnya, sang caleg memberikan bantuan tenda kepada masyarakat di salah satu desa di Kecamatan Ngaglik. "Pembagian tenda sempat dicegah oleh salah satu warga. Tetapi, tenda dibagikan di lain hari. Kami tidak dapat melanjutkan kasus ini karena tidak ada saksi yang bisa memastikan kegiatan itu bagian dari kampanye,” katanya.

Adapun kampanye di tempat pendidikan juga dilakukan oleh salah seorang caleg di salah satu SD di Kecamatan Depok. Kasus dugaan pelanggaran pidana Pemilu di Kulonprogo dilakukan oleh salah seorang caleg yang mengatakan akan memberikan dana secara rutin apabila ia terpilih sebagai Anggota DPR dari DIY. "Janji tersebut disampaikan di salah satu tempat ibadah," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keluarga dengan Umur Total 1.058 Tahun

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement