Masterplan dan DED Pantai Glagah Dikebut, Pelaku Usaha Jadi Prioritas

Pantai Glagah. - Harian Jogja/Desi Suryanto
26 Desember 2018 15:15 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo mempercepat penyelesaian detail engineering design (DED) dan masterplan penataan Pantai Glagah yang ditarget selesai akhir 2018. Prioritas pertama dari Dispar yakni sosialisasi kepada masyarakat serta pelaku usaha di sekitar lokasi penataan.

"Akhir tahun ini masterplan dan DED ditargetkan selesai dan nantinya menjadi pedoman kami saat forum group discussion [FGD] dengan masyarakat, semoga mereka mendukung, sebab konsekuensinya dengan penataan ini tidak hanya sarana dan prasarana, tetapi juga sosial kemasyarakatan," kata Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo, Sari Wulandari, Rabu (26/12/2018).

Sari mengatakan sesuai masterplan, masyarakat khususnya para pedagang bakal direlokasi. Dalam penataan ini perlu adanya kerja sama antara Dispar dengan masyarakat, sehingga memiliki visi yang sama dalam mengembangkan pantai tersebut. "Nantinya para pedagang dipusatkan di kawasan kuliner, area parkir juga ditata. Sebelum penataan perlu ada pendekatan dengan masyarakat," ujarnya.

Keberadaan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang beroperasi pada April 2019 menjadi pelecut Dispar untuk menyelesaikan DED dan masterplan Pantai Glagah agar bisa segera ditata. Meski demikian Dispar tidak terlalu ngoyo untuk mempercepat penataan karena keterbatasan anggaran.

Anggota Pansus Raperda Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) DPRD Kulonprogo, Arismawan, berharap penataan pantai tidak meninggalkan pelaku usaha dan masyarakat Glagah. Mereka, kata Aris, telah berjuang sejak awal dalam mengembangkan pariwisata di pantai tersebut. "Kami berharap pengembangan pantai tetap melibatkan masyarakat," ucapnya.