Advertisement

Masterplan dan DED Pantai Glagah Dikebut, Pelaku Usaha Jadi Prioritas

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 26 Desember 2018 - 15:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Masterplan dan DED Pantai Glagah Dikebut, Pelaku Usaha Jadi Prioritas Pantai Glagah. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo mempercepat penyelesaian detail engineering design (DED) dan masterplan penataan Pantai Glagah yang ditarget selesai akhir 2018. Prioritas pertama dari Dispar yakni sosialisasi kepada masyarakat serta pelaku usaha di sekitar lokasi penataan.

"Akhir tahun ini masterplan dan DED ditargetkan selesai dan nantinya menjadi pedoman kami saat forum group discussion [FGD] dengan masyarakat, semoga mereka mendukung, sebab konsekuensinya dengan penataan ini tidak hanya sarana dan prasarana, tetapi juga sosial kemasyarakatan," kata Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo, Sari Wulandari, Rabu (26/12/2018).

Advertisement

Sari mengatakan sesuai masterplan, masyarakat khususnya para pedagang bakal direlokasi. Dalam penataan ini perlu adanya kerja sama antara Dispar dengan masyarakat, sehingga memiliki visi yang sama dalam mengembangkan pantai tersebut. "Nantinya para pedagang dipusatkan di kawasan kuliner, area parkir juga ditata. Sebelum penataan perlu ada pendekatan dengan masyarakat," ujarnya.

Keberadaan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang beroperasi pada April 2019 menjadi pelecut Dispar untuk menyelesaikan DED dan masterplan Pantai Glagah agar bisa segera ditata. Meski demikian Dispar tidak terlalu ngoyo untuk mempercepat penataan karena keterbatasan anggaran.

Anggota Pansus Raperda Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) DPRD Kulonprogo, Arismawan, berharap penataan pantai tidak meninggalkan pelaku usaha dan masyarakat Glagah. Mereka, kata Aris, telah berjuang sejak awal dalam mengembangkan pariwisata di pantai tersebut. "Kami berharap pengembangan pantai tetap melibatkan masyarakat," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement