Advertisement

DHAUP AGENG : Usai Akad, Kusumo Bimantoro dan Maya Lakhsita Bertemu dalam Prosesi Panggih

Yogi Anugrah
Sabtu, 05 Januari 2019 - 11:58 WIB
Nina Atmasari
DHAUP AGENG : Usai Akad, Kusumo Bimantoro dan Maya Lakhsita Bertemu dalam Prosesi Panggih BPH Kusumo Bimantoro sah menikahi Maya Lakshita Noorya. - Ist/ Instagram Pasachannel

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Setelah menggelar Upacara Akad Nikah sekitar pukul 07.30 WIB, prosesi Dhaup Ageng dilanjutkan dengan prosesi Panggih, dimana mempelai pria yang merupakan putera mahkota Pakualaman akan dipertemukan dengan sang mempelai wanita.

Upacara panggih diawali oleh tarian Dirbolo Singkir, yang merupakan tarian khas kerajaan Paku Alam, yang hanya ditampilkan pada momen khusus di lingkungan Kerajaan Pakualaman.

Advertisement

Menyusul tarian Dirbolo Singkir, pengantin pria, B.P.H. Kusumo Bimantoro diantarkan oleh adik dari K.G.P.A.A. Paku Alam X serta adik dari Gusti Putri Paku Alam X menuju Bangsal Sewotomo. Kemudian disusul oleh pengantin wanita dr. Maya Lakshita Noorya diantarkan menuju Bangsal Sewotomo oleh para sesepuh perempuan.

Setelah bertemu di Bangsal Sewotomo, pengantin wanita sungkem dan mencium kaki dari pengantin laki-laki. Kemudian, kedua mempelai berjalan menuju pelaminan yang ada di bagian utara Bangsa Sewotomo.

Dalam prosesi panggih ini mempelai wanita dan mempelai pria menggunakan busana Paes Ageng, yang biasa dikenakan dalam upacara pernikahan dalam kerajaan Jawa.

Para tamu undangan tampak hadir sejak pukul 10.00 WIB, seperti Bupati Kulonprogo, Bupati Gunungkidul, Gubernur Jawa Timur, Pejabat Polda DIY dan tamu undangan lainnya.

Presiden Republik Indonesia Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dan Gubernur DIY dan Istri hadir sekitar pukul 11.07 WIB dan langsung menyalami kedua mempelai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement