Advertisement

DHAUP AGENG : Prosesi Tampa Kaya Digelar Tertutup di Kagungan Dalem Parangkarsa, Ini Alasannya

Yogi Anugrah
Sabtu, 05 Januari 2019 - 15:37 WIB
Nina Atmasari
DHAUP AGENG : Prosesi Tampa Kaya Digelar Tertutup di Kagungan Dalem Parangkarsa, Ini Alasannya Prajurit Pakualaman mengawal pengantin putra masuk ke istana Pakualaman setelah akad nikah, Sabtu (5/1/2019). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Setelah menggelar Upacara Akad Nikah sekitar pukul 07.30 WIB, dan prosesi panggih sekitar pukul 10.00 WIB, prosesi Dhaup Ageng dilanjutkan dengan Upacara Tampa Kaya, dhahar klimah sekitar pukul 14.00 WIB.

Prosesi tampa kaya juga kerap disebut kacar-kucur. Prosesi ini secara simbolis menunjukkan tanggung jawab suami memberikan nafkah rezeki kepada istri dan seluruh keluarga. Sementara dahar klimah merupakan prosesi pernikahan dimana sang pengantin saling menyuapi satu sama lain

Advertisement

Tim Pranatan Lampah-lampah Dhaup Ageng, Mas Ngabehi Citropanambang atau yang kerap disapa Bagus menuturkan, bahwa upacara ini dilakukan secara tertutup di Kangungan Dalem Parangkarsa.

"Upacara ini sebenarnya sangat privat, karena merupakan simbol suami memberi nafkah kepada istri, meskipun jika di masyarakat umum, upacara ini biasanya digelar di pelaminan," katanya pada Sabtu (5/1/2019) di Pura Pakualaman.

Abdi Dalem Puro Pakualaman M Ry. Dwijo Hutomo menuturkan sebelumnya, pada prosesi panggih, ada prosesi balang bantal, dan membersihkan kaki suami dengan menggunakan air.

"Membersihkan kaki suami merupakan simbol kesetiaan seorang istri terhadap suami," katanya.

Pada rangkaian acara Dhaup Ageng hari pertama (Sabtu) ditampilkan tiga beksan, yakni Bedhaya Kembang Mas, Beksan Wilayakusumajan, dan Beksan Puri Melati. Pada hari kedua, disajikan dua beksan yakni, Golek Prabudenta, Beksan Lawung Alit

Pernikahan putera mahkota Pakualaman B.P.H. Kusumo Bimantoro dengan dr. Maya Lakshita Noorya ini dihadiri sejumlah tokoh penting mulai dari bupati/walikota di DIY, Gubernur DIY, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Jawa Timur, Hingga Presiden RI beserta istri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenko Perekonomian: Ada Plafon Rp107 Miliar untuk Beli Alsintan

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement