Advertisement

21 Februari, Boyongan ke Pasar Bandungan Baru

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 12 Februari 2019 - 12:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
21 Februari, Boyongan ke Pasar Bandungan Baru Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menyerahkan tumpeng tanda peresmian bangunan baru Pasar Bendungan kepada Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Sri Haryati, di Pasar Bendungan, Desa Bendungan, Kecamatan Wates, Kamis (31/1/2019).-Harian Jogja - Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Bangunan baru Pasar Bendungan di Desa Bendungan, Kecamatan Wates segera difungsikan menyusul kepastian jadwal boyongan para pedagang dari pasar darurat yang rencananya dilangsungkan pada 21 Februari 2019.

Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Pasar Bendungan, Sri Haryati, mengatakan proses penataan pedagang di pasar yang kini bertingkat dua itu telah selesai. Selanjutnya tinggal boyongan dari pasar darurat yang berada di belakang Kantor Badan Pengawas Pemilu Kulonprogo menuju ke bangunan baru Pasar Bendungan, yang lokasinya berjarak kurang dari 50 meter dari pasar relokasi.

Advertisement

Sri memaparkan dalam prosesi boyongan, ratusan pedagang akan menggunakan pakaian lurik dan berjalan arak-arakan menuju ke bangunan baru Pasar Bendungan. Arak-arakan ini bakal didampingi jajaran Dinas Perdagangan (Disdag) Kulonprogo.

Perempuan yang juga memiliki kios kelontong di Pasar Bendungan itu mengatakan prosesi boyongan pada 21 Februari hanyalah formalitas semata. Mengingat para pedagang secara bertahap mulai menempati gedung baru pasar itu pada pekan ini. “Mulai Rabu [13/2/2019], pedagang sudah dapat pindah ke pasar anyar sedangkan boyongan yang 21 Februari adalah seremonial saja,” ucap Sri, Senin (11/2/2019).

Kepala Disdag Kulonprogo Krissutanto membenarkan rencana boyongan para pedagang ke bangunan baru Pasar Bendungan yang akan dilangsungkan pada 21 Februari 2019. Dia menambahkan penentuan waktu boyongan ini lantaran menyesuaikan penyelesaian penataan pedagang pasar.

Sempat Molor
“Dalam menentukan zonasi memerlukan koordinasi pemetaan sehingga memang butuh waktu. Sesuai kesepakatan dengan asosiasi pedagang, proses boyongan memang bakal dilangsungkan pada 21 Februari 2019,” ucapnya.

Bangunan baru Pasar Bendungan sejatinya sudah bisa ditempati sepekan sejak diresmikan pada 31 Januari lalu. Namun, sejumlah masalah menerpa sehingga membuat proses penempatan molor. Musababnya, muncul para pedagang yang menyatakan diri sebagai pemegang hak atas los dan kios di pasar tersebut sebelum terbakar hebat pada 2016 lalu tetapi selama ini tidak mereka urusi.

“Sebenarnya sejak 1 Februari itu sudah bisa tetapi UPT Pasar didatangi banyak pedagang yang menyatakan diri sebagai pemegang hak los. Namun, selama ini los nya tidak digunakan akibatnya Dinas harus mengatur lagi,” ujar Sri.

Beruntung masalah itu dapat segera terselesaikan. Para pedagang itu telah mendapatkan jaminan dari Disdag Kulonprogo atas los dan kios mereka. “Semua dapat dan semua dijamin haknya atas los dan kios. Kalau dulu punya 10 los ya tetap dapat 10 los, sesuai pasar lawas,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement