Advertisement

Angkasa Pura Siap Bantu Penataan Kawasan Selatan NYIA

Fahmi Ahmad Burhan
Minggu, 17 Maret 2019 - 10:37 WIB
Sunartono
Angkasa Pura Siap Bantu Penataan Kawasan Selatan NYIA Ilustrasi pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo. - Ist/ Dok AP I

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--PT Angkasa Pura (AP) I siap membantu penataan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) di Selatan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Penataan dilakukan sebagai bagian dari mitigasi atas potensi bencana tsunami dan gempa.

Manager Proyek NYIA, Taochid Purnomo Hadi mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan mitigasi dari potensi bencana tsunami dan gempa yang ada di Bandara NYIA. Salah satu langkah mitigasi yang akan dilakukan yaitu dengan membuat green belt.

Advertisement

"Green belt kami siapkan sebagai langkah mitigasi terhadap bencana tsunami dan gempa. Kami tangani green belt yaitu di area pesisir sepanjang Pantai Glagah sampai Pantai Congot," ujar Taochid pada Rabu (13/3/2019).

Ia mengatakan, rencana mitigasi tersebut ada di luar area Bandara NYIA. Pembuatan green belt dilakukan dengan terlebih dahulu mengosongkan wilayah selatan Bandara NYIA. "Itu di luar area Angkasa Pura. Kami hanya memohon ke Pemkab. Ayo sama-sama menyiapkan green belt untuk penunjang bandara," kata Taochid.

Selain adanya penataan KKOP, Pemkab juga menyiapkan penataan Kawasan Wisata Pantai Glagah. "Kalau Pemda meminta bantuan kami bantu. Kita hanya siap membantu sama-sama menata," ujarnya.

Ia mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak Pemkab Kulonprogo dalam langkah mitigasi. Menurutnya, beberapa langkah yang direncanakan dalam pembuatan green belt yaitu penanaman pohon cemara udang di sepanjang Selatan Bandara NYIA.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kulonprogo, Agus Langgeng Basuki mengatakan akan ada MoU antara tiga pihak yakni Pemkab Kulonprogo, AP 1 dan Pakualaman selaku pemilik lahan guna penyediaan green belt di Selatan Bandara NYIA.

"Belum ada MoU, tapi prinsipnya kami akan siapkan MoU itu di tiga pihak. Kami akan koordinasi terkait penanganan mitigasi bencana di bandara," ucapnya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya baru mempersiapkan rancangan mitigasinya, sementara menurutnya, terkait anggaran ada di AP 1. "Perencanaan sementara masih sama, kita akan tanam pohon cemara udang," ungkap Agus.

Agus mengatakan, rencananya pohon cemara udang yang disiapkan sekitar 10.000 pohon. Pohon cemara udang akan ditanam di sepanjang empat kilometer di Selatan Bandara NYIA dari Pantai Congot sampai Pantai Glagah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement