Advertisement

Mugadeta Gelar Kompetisi Robot untuk Siswa SD

Nina Atmasari
Senin, 18 Maret 2019 - 21:07 WIB
Nina Atmasari
Mugadeta Gelar Kompetisi Robot untuk Siswa SD Kunjungan Panitia Mugadeta Technofest ke Harian Jogja, Senin (18/3/2019). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman atau yang sering disebut Mugadeta akan menyelenggarakan lomba di bidang teknologi untuk siswa SD. Kegiatan ini terbuka untuk SD se-DIY bahkan luar daerah.

Hal itu diungkapkan Isa Azmi, Humas Panitia Mugadeta Technofest saat berkunjung ke Harian Jogja, Senin (18/3/2019). Kunjungan itu juga diikuti Azhar Baasyir selaku koordinator acara dan Eko Priyantoro, Sie Publikasi dan Dokumentasi Acara. Mereka diterima oleh Redaktur Pelaksana Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo.

Advertisement

Isa menjelaskan acara yang bertajuk Mugadeta Technofest ini akan menggelar dua jenis lomba, yakni Mugadeta Robotic Games pada Minggu, 21 April dan Lomba Roket Air Mugadeta (LRAM) serta Mugadeta Paper Plane Competition pada Minggu, 28 April.

Kegiatan ini bukan yang pertama bagi karena sudah menjadi agenda tahunan bagi sekolah tersebut menyelenggarakan kompetisi bidang teknologi. Namun, Isa memastikan ada yang berbeda dari kompetisi tahun ini.

Pada penyelenggaraan sebelumnya, kompetisi robot berupa robot sepakbola, yakni panitia menyediakan robot dan peserta memainkan robot tersebut untuk permainan sepakbola. Lomba ini bertujuan untuk fun, hanya memberikan kesenangan untuk peserta.

"Tahun ini, kami ingin menanamkan nilai pendidikan, jadi tidak hanya bersifat fun. Lomba nanti berupa robot untuk evakuasi bencana, mengingat DIY saat ini sering terjadi bencana. Jadi ada nilai edukasi tentang tanggap bencana untuk anak-anak," jelas Isa.

Ia menambahkan minat untuk mengikuti lomba ini terus meningkat setiap tahun, bahkan pada penyelenggaraan tahun lalu, ada peserta dari luar DIY. Pihaknya menargetkan penyelenggaraan tahun ini ada 75 tim yang bertanding.

Nugroho Nurcahyo mengungkapkan Harian Jogja menyambut baik kegiatan yang bersifat positif seperti ini. Pihaknya bahkan memberikan kesempatan untuk sekolah tersebut menampilkan keunggulan yang dimiliki melalui pemberitaan di Harian Jogja.

"Di Harian Jogja ada rubrik Ini Sekolahku, yang berisi profil sekolah. Mugadeta bisa memanfaatkan rubrik ini untuk mempublikasikan potensi unggulan agar diketahui masyarakat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement