Advertisement

Antisipasi Banjir, Luweng Di Semanu Perlu Dibersihkan

Rahmat Jiwandono
Minggu, 24 Maret 2019 - 20:17 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Antisipasi Banjir, Luweng Di Semanu Perlu Dibersihkan Demi menyelamatkan hasil panen, sejumlah warga nekat menyeberangi banjir yang merendam area pertanian di Dusun Semanu Kidul, Desa Semanu, Kecamatan Semanu, Senin (18/3/2019) - Harian Jogja/david Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Banjir yang terjadi di beberapa titik di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, diduga terjadi lantaran tersumbatnya sejumlah luweng yang selama ini menjadi jalan masuk air hujan menuju sungai bawah tanah. Untuk mengantisipasi berulangnya banjir, sejumlah luweng yang berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, perlu dibersihkan.

Kepala Desa (Kades) Pacarejo, Suhadi, mengatakan apabila hujan turun dalam waktu yang cukup lama maka selalu memunculkan genangan air. Genangan air tersebut seharusnya bisa mengalir ke luweng-luweng yang ada.

Advertisement

"Namun karena kondisi luweng tersumbat sampah, akar pohon, serta tanah yang mengendap di mulut luweng membuat air tidak dapat mengalir dengan baik ke dalam luweng," ujar Suhadi, Minggu (24/3/2019)

Menurut Suhadi, luweng yang ada di desanya rata-rata berbentuk vertikal. Berdasar pendataan, ada lima luweng yang mendesak untuk dibersihkan. Lima luweng tersebut masing-masing Luweng Jawa, Luweng Gunung Ringin, Luweng Curug, Luweng Lumbung, dan Luweng Telaga Ledok.

Menurut Suhadi jajarannya telah menyampaikan rencana pembersihan luweng melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan yang tercantum dalam daftar usulan rencana kerja (DURK). "Dalam usulan tersebut tentu ada anggaran yang cukup besar, maka realisasinya belum dapat diwujudkan," kata dia. Suhadi menambahkan pembersihan luweng merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi dampak banjir di desanya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki, menyatakan pembersihan luweng membutuhkan koordinasi lintas sektoral. "Tidak bisa hanya dikerjakan oleh BPBD, perlu bantuan dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan rakyat Kawasan Permukiman [DPUPRKP] Gunungkidul," katanya.

Menurut Edy, membersihkan luweng perlu mengukur panjang aliran sungai yang ada di dalam luweng. BPBD bisa membersihkan tetapi hanya sebatas mulut luweng. Melihat kedalaman luweng yang berbeda-beda, maka butuh kerja sama dengan semua pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement