Advertisement

The 1O1 Yogyakarta Tugu Berpartisipasi Menanam 1.000 Pohon di Suaka Margasatwa Paliyan

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 05 April 2019 - 16:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
The 1O1 Yogyakarta Tugu Berpartisipasi Menanam 1.000 Pohon di Suaka Margasatwa Paliyan Jajaran manajemen Hotel The 1O1 Yogyakarta Tugu berpartisipasi dalam gerakan penghijauan di Taman Suaka Margasatwa, Paliyan, Gunungkidul, Jumat (5/4/2019). - Harian Jogja/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Sesuai dengan komitmen bersama di acara Earth Hour pada tanggal 30 Maret 2019, Hotel The 1O1 Yogyakarta Tugu mengkampanyekan gerakan #OneManOneTreeChallenge. Gerakan ini diwujudkan dengan partisipasi dalam program penanaman 1.000 bibit pohon di area seluas kurang lebih 1 hektare di Suaka Margasatwa Paliyan, Gunungkidul, Jumat (5/4/2019). 

Kegiatan dilakukan bersama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan elemen masyarakat lainnya. Bibit yang ditanam merupakan tanaman native atau asli dari Gunungkidul dengan karakteristik tanah karst atau batuan kapur.

Advertisement

"Ada sekitar delapan jenis tanaman antara lain pulai, elo, ipik, bulu, terbelo pusuh, mojo, dan talok," kata Luthfiana Irmasari (Irma) selaku Assistant Director of Sales Hotel The 1O1 Yogyakarta Tugu dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Jumat (5/4/2019). 

Suaka Margasatwa Paliyan sendiri sebelumnya adalah hutan produksi jati dan mahoni sampai pada 1998. Setelah itu hutan ditebang habis dan menjadi hutan gundul. Atas prakarsa Kementerian Kehutanan dan JICA (Japan Internasional Cooperation Agency)gerakan penghijauan Hutan Paliyan dimulai kembali pada 2000. Kemudian statusnya berubah menjadi hutan konservasi dan suaka margasatwa seluas 434 hektar yang di kelola oleh BKSDA sampai dengan sekarang.

“Diharapkan gerakan penanaman pohon ini akan membantu ekosistem hutan menjadi lebih baik dan nantinya pohon-pohon ini akan berperan sebagai pengatur tata air yang bermanfaat bagi semua pihak terutama penduduk sekitar,” tutup Bhimo Putranto selaku Room Division Manager The 1O1 Yogyakarta Tugu yang turut serta dalam acara penanaman ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement