Advertisement

Warga Ingin Jalan Tembus Ponjong-Semin Segera Diperbaiki

David Kurniawan
Jum'at, 03 Mei 2019 - 18:42 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Warga Ingin Jalan Tembus Ponjong-Semin Segera Diperbaiki Seorang pengguna jalan melintas di jalur alternatif penghubung Kecamatan Ponjong-Semin di Dusun Surodadi, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Jumat (3/5/2019). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Warga Dusun Surodadi, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, mengeluhkan rusaknya ruas jalan alternatif penghubung menuju Kecamatan Semin. Warga meminta kerusakan segera diperbaiki sehingga tidak mengganggu aktivitas.

Salah seorang warga Dusun Surodadi, Sumini, mengatakan kerusakan jalan penghubung Kecamatan Ponjong-Semin sudah terjadi sejak lama. Upaya perbaikan juga sudah dilakukan, tetapi belum seluruh titik yang rusak selesai diperbaiki.

Advertisement

Menurut dia hingga saat ini titik kerusakan masih ada sepanjang 1,5 kilometer, dengan titik kerusakan di sekitar pasar desa. Di titik ini selain aspal yang telah mengelupas, kondisi jalan yang menurun membuat para pengendara sepeda motor harus berhati-hati agar terhindar dari risiko jatuh. “Harus berhati-hati, apalagi saat hujan kondisinya licin,” kata Sumini saat ditemui Harian Jogja, Jumat (3/5/2019).

Menurut dia, permintaan perbaikan jalan yang diharapkan oleh masyarakat merupakan hal yang wajar. Ia berdalih warga sangat menginginkan jalan yang baik, terlebih lagi upaya perbaikan sudah dilakukan dan tinggal menyisakan sedikit ruas yang belum diperbaiki. “Yang di ujung wilayah Semin dan Ponjong sudah baik, tinggal di wilayah Surodadi yang rusak. Mudah-mudahan tahun ini perbaikan bisa diwujudkan,” katanya.

Hal senada disampaikan warga lain, Suparno. Ia menuturkan upaya perbaikan sangat diharapkan karena selain untuk perbaikan, juga sebagai bentuk pemerataan pembangunan sehingga tidak ada kesan pilih-pilih. “Tinggal sedikit lagi yang rusak. Jadi, harapannya segera diperbaiki sehingga akses alternatif Semin-Ponjong benar-benar mulus sehingga aktivitas warga bisa lebih mudah,” katanya.

Suparno menyakini apabila proses perbaikan dapat diwujudkan akan memperlancar aktivitas masyarakat yang akan menuju Ponjong-Semin, atau sebaliknya. “Kalau lewat jalur di Surodadi akan mempersingkat waktu perjalanan hingga setengah jam. Sebab kalau harus lewat jalur utama, pengguna jalan harus memutar lewat jalan di wilayah Kecamatan Karangmojo, tapi dengan jalur ini, pengendara bisa langsung sampai ke wilayah Semin,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement