Advertisement

Dinsos DIY: Permintaan Dropping Air Belum Melonjak

Abdul Hamied Razak
Selasa, 02 Juli 2019 - 08:27 WIB
Arief Junianto
Dinsos DIY: Permintaan Dropping Air Belum Melonjak Sejumlah warga Dusun Bulu, Desa Girimulyo, Kecamatan Girimulyo saat menerima bantuan air bersih, di wilayah setempat, Selasa (18/9/2018). - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DIY Untung Sukaryadi mengatakan hingga kini permintaan dropping air masih belum ada lonjakan.

Meski begitu Untung mengaku Pemda DIY siap menggelontorkan dana bantuan sesuai kebutuhan di lapangan."Yang namanya bencana kemanusiaan, kami selalu siap. Tapi sampai saat ini permintaan dropping air masih wajar," katanya, Senin (1/7).

Advertisement

Dhony Kristanto, Ketua FK Tagana DIY mengatakan Tagana DIY menyiapkan setidaknya 750 tangki air bersih yang dialokasikan dari APBD DIY. Jumlah tangki yang disediakan, kata Dhony, disiapkan untuk membantu kebutuhan air bersih masyarakat di lokasi kekeringan.

"Kami konsentrasi untuk proses pendistribusian Juli dan Agustus. Masing-masing 375 tangki unik tiap bulannya," kata Dhony.

Jumlah tangki air bersih tersebut, lanjut dia, belum termasuk alokasi yang dianggarkan oleh APBN. Hal itu untuk mengantisipasi kekurangan pasokan air bersih. Sampai saat ini, pihaknya masih belum mendapatkan informasi besaran dana dari APBN yang disiapkan. "Sampai saat ini, tim kami sudah mendistribusikan air [bersih] sesuai pengajuan dari masyarakat. Untuk jumlahnya belum terdata," katanya.

Dia mengatakan masyarakat di daerah bencana kekeringan bisa mengajukan permintaan air bersih secara gratis. Hanya saja, sesuai prosedur pengajuannya harus melalui pemerintah desa masing-masing.

"Pengajuan harus melalui Pemdes agar tidak terjadi tumpang tindih. Dari pengajuan yang masuk, ada di empat kabupaten [Sleman, Kulonprogo, Gunungkidul dan Bantul]," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement