Presiden Anugerahkan Penghargaan kepada Wali Kota Jogja dan Ketua Tim Pengerak PKK Kota Jogja

Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti dan istri sekaligus Ketua Tim Ketua Tim Pengerak PKK Kota Jogja Tri Kirana Muslidatun. - Istimewa/Pemkot Jogja
08 Juli 2019 08:17 WIB Arief Junianto Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Atas keberhasilannya dalam mendorong pembangunan di bidang kependudukan dan keluarga berencana di Jogja, Presiden Joko Widodo menganugerahkan Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan Bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) 2019 kepada Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti.

Satya Lencana Pembangunan Bidang KKBPK merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Presiden RI kepada kepala daerah yang berhasil dalam mendorong pembangunan di bidang kependudukan dan keluarga berencana.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani mengatakan jika pemberiaan penghargaan tersebut lantaran Wali Kota Jogja dinilai berhasil menyukseskan program kependudukan keluarga berencana melalui dukungan anggaran, pemenuhan sarana dan prasarana serta capaian jumlah peserta KB aktif dan baru. "Wali Kota Jogja berhasil membangun kualitas hidup masyarakat dengan menyukseskan program kependudukan dan KB melalui pencanangan Kampung KB, peningkatan alokasi APBD, dukungan sarana dan prasarana, pemberdayaan UPPKS [usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera] dengan program Gandeng Gendong" katanya dalam puncak acara peringatan Hari Keluarga Nasioinal (Harganas) ke-26 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (6/7/2019).

Ia menjelaskan jika penghargaan tersebut diberikan demi meningkatkan dukungan dan komitmen agar keberhasilan program KKBPK semakin meningkat.

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti menyampaikan apresiasinya atas peran berbagai pihak dalam membantu mewujudkan suksesnya upaya Pemkot Jogja di bidang pengendalian kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga di Jogja. "Alhamdulillah kami bersyukur dianugerahi Tanda Kehormatan Satya lencana Pembangunan ini. Selain hasil kerja keras jajaran Pemkot Jogja tentunya ini juga berkat dukungan luas masyarakat," katanya melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Minggu (7/7/2019).

Menurutnya tanpa kebersamaan dan partsipasi masyarakat, tentu upaya Pemkot Jogja membangun sektor ini tidak maksimal. “Semua harus saling bersinergi dan berperan aktif sesuai bidang dan profesi masing-masing untuk turut membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat” kata dia.

Selain Wali kota, Presiden Joko Widodo juga menganugerahi Ketua Tim Pengerak PKK Kota Jogja, Tri Kirana Muslidatun Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya. Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada sosok yang dinilai berdedikasi tinggi terhadap program KKBPK serta berkomitmen dalam menggerakan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

"Prestasi ini merupakan hasil kerja keras semua pihak yang terlibat dan semoga bisa semakin memotivasi jajaran PKK, KB dan Kependudukan serta instansi terkait untuk meningkatkan kinerja dan kerja sama," ujar istri Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti tersebut.