Advertisement

Daya Tampung SLB di Gunungkidul Tak Sebanding dengan Pendaftar

Rahmat Jiwandono
Selasa, 09 Juli 2019 - 19:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Daya Tampung SLB di Gunungkidul Tak Sebanding dengan Pendaftar Siswa SLB Negeri Pembina mengerjakan jumputan di lapak jumputan milik Mini Budiono pada Jumputan On The Street yang bertempat di Jalan Celeban, Umbulharjo, Jumat (13/4/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL -Jumlah siswa yang mendaftar di Sekolah Luar Biasa (SLB) di Gunungkidul tidak sebanding dengan daya tampung. Berdasarkan data Pendidikan Luar Biasa (PLB) DIY, jumlah SLB di Bumi Handayani tercatat sebanyak 11 SLB.

Salah satu SLB yang banyak diminati yakni SLB Negeri 1 Gunungkidul. Hingga ditutupnya pendaftaran dan assessment, sudah ada 10 siswa dan ditambah tiga siswa pindahan dari sekolah lain. "Animo masyarakat yang mau mendaftarkan cukup tinggi tetapi daya tampung kami terbatas," kata Kepala SLB Negeri 1 Gunungkidul, Widi Pranyata, Selasa (9/7/2019).

Advertisement

Widi menjelaskan jajarannya membuka kuota tiga kelas berdasarkan jenis disabilitas yakni kelas tunanetra, tunarungu, dan tunagrahita. Setiap kelas menerima tidak lebih dari 10 siswa karena keterbatasan tenaga pengajar. “Jumlah guru kami terbatas,” ucapnya.

Dia menyatakan di SLB yang berada di Kecamatan Semanu serta Kecamatan Rongkop tidak banyak murid yang mendaftar. "Di Semanu yang mendaftar hanya dua atau tiga anak. Sedangkan yang di Rongkop hanya satu orang," katanya.

Menurut dia, faktor yang membuat sekolahnya banyak diminati ialah letaknya di pusat Kota Wonosari sehingga menjadi incaran wali murid untuk menyekolahkan anaknya. "Wali muridnya saat berangkat kerja sekaligus bisa mengantarkan anaknya sekolah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement