Pelantikan Anggota Dewan Terpilih Dihadiri Ratusan Undangan

Sidang paripurna di DPRD Gunungkidul. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
09 Agustus 2019 16:12 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebanyak 500 tamu undangan bakal menghadiri pelantikan anggota DPRD Gunungkidul periode 2019-2024. Rencananya pelantikan dilaksanakan Senin (12/8/2019).

Pelaksana Tugas Sekretaris DPRD Gunungkidul, Hery Sukaswadi, mengatakan dari sisi persiapan saat ini sudah memasuki tahap final. Menurutnya, persiapan terakhir yakni geladi bersih yang rencananya dilaksanakan Sabtu (10/8). “Semua sudah oke dan besok [hari ini] dilaksanakan persiapan terakhir dengan geladi bersih prapelantikan,” kata Hery kepada wartawan, Jumat (9/8/2019).

Menurut dia pelaksanaan geladi bersih sebagai upaya agar pelantikan berjalan dengan lancar. Di dalam latihan anggota Dewan terpilih mengikuti simulasi pelantikan. “Mereka [calon anggota Dewan terpilih] melakukan ujicoba upacara pelantikan agar saat pelaksanaan berjalan dengan lancar,” katanya.

Disinggung mengenai surat keputusan dari Gubernur DIY, Hery mengaku tidak masalah karena surat tersebut sudah turun sejak Kamis (8/8). Untuk itu, tidak ada masalah dengan dokumen karena semua kebutuhan dalam pelantikan sudah dipersiapkan. “Mudah-mudahan saat pelantikan tidak ada kendala yang dapat mengganggu jalannya acara,” katanya.

Rencananya pelantikan dihadiri 500 undangan yang terdiri dari anggota Dewan terpilih, keluarga, tokoh masyarakat, anggota Dewan lama hingga jajaran Forkompida Gunungkidul. Untuk pelantikan, Hery mengakui mengalokasikan anggaran Rp45 juta. “Undangan sudah kami kirimkan sejak Kamis kemarin,” katanya.

Kepala Bagian Tata Usaha Sekretariat DPRD Gunungkidul, Madyarina Mulyaningsih, mengatakan anggota Dewan terpilih difasilitasi baju kedinasan. Total anggaran yang disediakan mencapai Rp300 juta. Dana ini tidak hanya untuk membeli kain baru, tetapi juga ongkos jahit kepada setiap anggota. “Kami tidak ingin berpolemik sehingga urusan membuat baju diserahkan ke masing-masing anggota,” katanya.

Rencananya seragam baru untuk anggota DPRD terdiri dari lima jenis yakni dua stel pakaian sipil harian (PSH), untuk pakaian sipil resmi (PSH), pakaian dinas lengkap (PDL) dan pakaian dinas harian (PDH) masing-masing satu potong. “Total ada lima baju yang diberikan kepada anggota Dewan yang baru,” kata Rina.