Siswa Olifant Diajak Mengenal Keberagaman

Siswa Olifant School mengikuti Umbrella Activity dengan tema Olie Travels Around The World belum lama ini./ Ist. - Olifant School
26 September 2019 20:22 WIB Mediani Dyah Natalia Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Olifant School kembali menggelar Umbrella Activity dengan tema Olie Travels Around The World. Melalui acara ini, siswa diajak mengenal keberagaman dengan belajar budaya dari berbagai negara. 

Marketing Communication Olifant School Mariana Hastuti mengatakan kegiatan ini dirancang santai dan menyenangkan untuk anak. “Berkenalan dengan berbagai budaya di  dunia dengan cara bermain di sekolah. Bahkan kami turut mengajak ayah dan ibu siswa agar semakin menyenangkan,” ujarnya dalam rilis, Rabu (26/9).

Program ini, kata dia, dirancang tim Kurikulum Olifant Preschool sebagai bentuk kegiatan kreatif aplikatif untuk merangsang pengembangan pengetahuan dan keterampilan siswa. Sesuai dengan temanya, Olie Travels Around The World, siswa diajak mengenal budaya dari berbagai negara. Khususnya, Italia dan Jepang dengan cooking class.

Melalui acara ini pula, siswa dapat belajar membangun toleransi dan keterbukaan terhadap budaya yang berbeda dari keseharian mereka. Hal ini penting dilakukan agar anak memiliki pemikiran yang fleksibel untuk berinteraksi dengan orang atau lingkungan dari budaya mereka dengan dasar saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Mariana mengatakan anak dan orang tua dalam kesempatan ini mengobservasi sederhana mengenai budaya Italia dan Jepang melalui video atau film mengenai negara tersebut; belajar lagu-lagu Jepang dan Italia; membuat masakan khas Italia berupa spagheti; masakan khas Jepang berupa onigiri (nasi kepal); membuat berbagai bentuk origami dan bendera Jepang. “Keseruan lain terlihat dari kostum berbagai macam negara yang dikenakan anak-anak dan orang tua sehingga lebih memberi warna keberagaman,” ujarnya.

Menurut dia, kegiatan seperti ini memberikan manfaat besar bagi anak. Sebab mereka menjadi terbiasa dengan bermacam-macam budaya, sehingga membangun kelenturan berpikir dari anak-anak. Selain itu, kepercayaan diri anak juga terlatih saat bertemu orang baru. “Dengan prinsip International Teaching Method, Adapted to Local Culture, Olifant Preschool tetap membangun wawasan siswa dengan tetap memiliki kebanggaan terhadap budaya Indonesia,” kata dia.