Advertisement

Perkuat Kearifan Lokal di Sekolah, Aneka Lomba Digelar Pemkab Bantul

Ujang Hasanudin
Senin, 21 Oktober 2019 - 14:27 WIB
Arief Junianto
Perkuat Kearifan Lokal di Sekolah, Aneka Lomba Digelar Pemkab Bantul Ilustrasi karawitan. - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Eksistensi kearifan lokal Bantul terus diperkuat. Salah satunya melalui berbagai perlombaan yang digelar Pemkab Bantul.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul, Isdarmoko mengatakan beberapa perlombaan tersebut di antaranya adalah macapat, karawitan, pidato bahasa Jawa, dan jemparingan. Aneka perlombaan itu, kata dia, menyasar kalangan guru dan siswa sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bantul.

Advertisement

“Perlombaan ini merupakan bagian dari pengembangan pendidikan berbasis kearifan lokal dan hak-hak anak," kata dia seusai pembukaan Lomba Macapat di Pendopo kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten Bantul, Manding, Kecamatan Bantul, Senin (21/10/2019).

Isdarmoko mengatakan masing-masing jenis lomba diikuti 17 kelompok dari guru dan siswa di 17 kecamatan. Dia mengatakan kegiatan penguatan kearifan lokal dalam pendidikan sudah dimulai sejak 11 tahun lalu dan terus dikembngkan hingga kini. Bahkan rencananya jenis perlombaan akan ditambah.

Tidak hanya dalam bentuk kegiatan, dinasnya juga berupaya melengkapi semua sekolah dengan fasilitas yang menunjang berkembangnya kearifan lokal. Salah satunya adalah alat musik tradisional seperti gamelan.

Menurut dia semua sekolah di Bantul, terutama SD dan sekolah menengah pertama (SMP) harus memiliki peralatan penunjang pengembangan kearifan lokal.

Saat ini, baru ada 100 sekolah yang memiliki gamelan. Untuk itu dia mengimbau kepada sekolah untuk menganggarkan sendiri pengadaan gamelan melalui anggaran Biaya Operasional Sekolah (BOS), "Kalaupun belum bisa, bisa kerja sama dengan sekolah atau sanggar terdekat sebagai ajang latihan bagi siswa," kata mantan Kepala SMAN 2 Bantul itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement