Advertisement

Fenomena Angin Kencang di Merapi, Masyarakat Diminta Waspada

Fahmi Ahmad Burhan
Senin, 21 Oktober 2019 - 22:27 WIB
Bhekti Suryani
Fenomena Angin Kencang di Merapi, Masyarakat Diminta Waspada Ilustrasi angin kencang. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-- Pada Minggu (21/10/2019) kemarin, wilayah Gunung Merapi, Magelang, Boyolali, termasuk Sleman terjadi angin kencang. Warga diminta waspada.

Koordinator SAR Linmas Kaliurang, Kiswanta mengatakan meski di wilayah Sleman angin kencang tidak ada dampak yang begitu signifikan seperti di Magelang dan Boyolali, tapi masyarakat tetap harus waspada.

Advertisement

"Sampai saat ini masih tergolong aman. Hanya ada satu pohon tumbang di Jalan Pramuka, Kaliurang, lebarnya sekitar 25 sentimeter. Sempat lalu lintas terganggu, tapi sudah tertangani. Lainnya aman," ungkap Kiswanta pada Senin (21/10/2019).

Selain itu, tenda yang sempat digunakan untuk acara di Gardu Pandang roboh. "Tapi tenda itu sudah selesai digunakan acara kemarin," tuturnya. Tidak ada korban sama sekali dampak akibat angin kencang di wilayah Sleman.

Ia berujar, kejadian angin kencang yang menimpa wilayah Gunung Merapi kemarin malam membuat masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan. Antisipasi pun dilakukan terutama pada beberapa pohon yang rawan roboh.

"Antispasi juga dari banyaknya debu yang berterbangan akibat angin dengan mengunakan masker apabila beraktifitas di luar rumah," kata Kiswanta.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan menuturkan, meskipun saat ini angin kencang baru terjadi di sekitaran Gunung Merapi, namun potensi angin kencang terutama saat peralihan musim ada juga di semua wilayah Sleman.

"Saat angin kencang, ancamannya pada pohon tumbang dan puting beliung. Makanya kami antisipasi, terutama pohon perindang jalan, DLH (Dinas Lingkungan Hidup) sudah melakukan pemangkasan sebelum-sebelumnya. Saat ini sudah berkurang untuk pohon yang berbahaya," kata Makwan pada Senin.

Ia menambahkan, yang saat ini tidak kalah penting untuk diwaspadai yaitu baliho-baliho yang ada di sepanjang jalan. Menurutnya, kekuatan konstruksi dari baliho harus diperhatikan agar jangan sampai ketika angin kencang malah membahayakan pengguna jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement