Terdampak Proyek JJLS, PDAM Siap Geser Jaringan Pipa

Sejumlah warga Legundi, Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, mengambil air dari bocoran pipa PDAM, Senin (20/8). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
24 Oktober 2019 23:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Direktur Utama PDAM Tirta Handayani, Isnawan Fibriyanto, mengatakan ada sejumlah jaringan instalasi perpipaan yang terdampak pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di wilayah timur Gunungkidul. Meski demikian, ia meminta kepada warga untuk tetap tenang karena proses perbaikan dilakukan secepatnya. “Ada jalur pipa yang harus dipindah karena terkena ruas pembangunan JJLS,” kata Isnawan, Kamis (24/10/2019).

Menurut dia, pipa yang terdampak dari pembanguan berada di wilayah Kecamatan Rongkop dan Girisubo. Meski demikian, Isnawan berkomitmen akan terus memperbaiki jaringan sehingga pasokan air ke pelanggan tetap lancar. “Begitu ada pemerataan jalan dan mengenai pipa, langsung kami potong untuk kemudian dipindah ke lokasi yang tidak terkena proyek,” katanya.

Salah seorang warga Dusun Semampir, Desa Melikan, Kecamatan Rongkop, Parwati, mengatakan proses pembangunan JJLS sudah dilakukan cukup lama. Di dalam prosesnya tidak hanya berdampak pada rumah warga, tapi juga mengganggu jalur pipa milik PDAM. “Sejumlah jaringan pipa harus dipindah karena jika dibiarkan akan berada di badan jalan yang baru dibangun,” katanya.