Advertisement

Cuaca Terlalu Terik, Petani Melon di Patuk Gagal Panen

Muhammad Nadhir Attamimi
Rabu, 13 November 2019 - 22:07 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Cuaca Terlalu Terik, Petani Melon di Patuk Gagal Panen Seorang petani memunguti buah melon di salah satu lahan yang berlokasi di Dusun Putat 1, Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Rabu (13/11/2019). - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Cuaca terik yang terjadi selama beberapa bulan terakhir berdampak pada hasil produksi pertanian. Di Kecamatan Patuk, sejumlah petani mengalami gagal panen buah melon.

Agus Rianto, petani melon di Dusun Putat 1, Desa Patuk, Kecamatan Patuk, mengaku para petani melakukan berbagai upaya agar melon yang ditanam bisa panen secara maksimal. Namun nyatanya, hasil panen tak seperti yang diharapkan.

Advertisement

“Tanaman melon kami rawat sesuai petunjuk dari petugas, sayangnya tetap gagal. "Sepertinya cuaca panas yang terlalu terik sangat berpengaruh, terlebih beberapa waktu terakhir suhu panas mencapai 37 derajat Celsius," kata Agus saat ditemui Harian Jogja di lahan miliknya, Rabu (13/11/2019).

Agus menjelaskan penanaman yang dilakukan sudah sesuai petunjuk pelaksanaan penanaman buah melon. Untuk air irigasi, Agus mengaku, tanaman tak kekurangan air. "Di Putat air untuk irigasi pertanian masih mencukupi meski saat ini musim kemarau," ujarnya.

Agus menjelaskan masa tanam buah melon sekitar 75 hari, tetapi sebelum masa panen, melon sudah tak bisa berkembang maksimal. Daripada terus merugi, petani membiarkan tanamannya. "Buah melon mengalami luka pada kulit, jumlah berat pun menyusut dari berat rata-rata dua kilogram menyusut hingga satu kilogram," ujarnya. Menurutnya, akibat gagal panen, dia merugi sekitar Rp15 juta.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement