Advertisement

KPU Minta Masyarakat Ikut Sukseskan Pilkada 2020

Muhammad Nadhir Attamimi
Senin, 02 Desember 2019 - 20:17 WIB
Yudhi Kusdiyanto
KPU Minta Masyarakat Ikut Sukseskan Pilkada 2020 Acara Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul 2020 yang digelar di Aula SMP Negeri 1 Karangmojo, Senin (2/12/2019)./Harian Jogja - Muhammad Nadhir Attamimi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul menggencarkan sosialisasi Pilkada 2020. Kali ini, sosialisasi menyasar para pegawai dan jajaran musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika) di Kecamatan Karangmojo.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, mengungkapkan Pilkada 2020 merupakan hajat seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya masyarakat Gunungkidul. Sehingga, seluruh elemen masyarakat memiliki kewajiban besar dalam menyukseskan hajat tersebut.

Advertisement

"Oleh karena itu, kami mohon agar semua lapisan masyarakat yang memiliki hak pilih bisa berpartisipasi dalam seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020," kata Hani saat Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul 2020 di Aula SMP Negeri 1 Karangmojo, Senin (2/12/2019).

Hani meminta kepada seluruh masyarakat yang pernah mendapatkan sosialisasi dari KPU Gunungkidul terkait tahapan Pilkada agar bisa menyampaikan kepada warga yang lain. Hal ini penting mengingat personel KPU sangat terbatas sehingga tidak bisa menyampaikan tahapan pilkada kepada seluruh masyarakat.

"Kami tidak mampu menjangkau hingga masyarakat paling bawah, oleh karena itu bapak ibu yang hadir saat ini diharapkan bisa menyampaikannya kepada masyarakat secara luas," ujarnya.

Selain itu, Hani meminta agar masyarakat bisa ikut terlibat langsung dalam proses pesta demokrasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan menjadi badan adhoc seperti PPK, PPS dan KPPS. "Pilkada tak bisa berjalan baik tanpa ada partisipasi masyarakat," tuturnya.

Camat Karangmojo, Marwatahadi, mengapresiasi langkah KPU Gunungkidul dalam menyosialisasikan tahapan pilkada kepada jajarannya. Ia menuturkan sosialisasi tersebut merupakan bekal bagi jajarannya untuk turut andil dalam menyukseskan pesta demokrasi di Bumi Handayani, khususnya di Kecamatan Karangmojo.

"Mulai dari desa, kecamatan, lembaga-lembaga masyarakat butuh sosialisasi seperti ini untuk mempersiapkan dan turut aktif dalam menyukseskan pilkada," kata dia.

Marwatahadi menuturkan meskipun pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2019 di Karangmojo sukses dan lancar, dalam pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati jajarannya masih butuh sosialisasi. Melalui sosialisasi ini diharapkan mampu menjadi pencerahan bagi seluruh unsur masyarakat di Karangmojo. "Melalui kegiatan ini bisa mempersiapkan dan meningkatkan kualitas pelaksanaan dan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2020," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement