Puskesmas di Gunungkidul Diminta Optimalkan Pelayanan

Foto ilustrasi. - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
15 Januari 2020 20:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Ketua Komisi D DPRD Gunungkidul Supriyadi meminta kualitas pelayanan di puskesmas terus ditingkatkan. Hal ini dibutuhkan untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat untuk mengakses fasilitas kesehatan di Bumi Handayani. “Kami menggelar inspeksi mendadak [sidak] ke sejumlah puskesmas, salah satunya yang ada di Semin. Kedatangan kami untuk melihat pelayanan di sana,” kata Supriyadi, Rabu (15/1/2020).

Menurut dia, inspeksi merupakan bagian dari tugas pengawasan yang dimiliki anggota Dewan. Ia menuturkan hasil dari sidak diketahui layanan di puskesas Semin berjalan dengan baik. Namun hal ini harus ditingkatkan sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses fasilitas kesehatan. “Tuntutan peningkatan kualitas layanan tidak hanya di Semin, tapi semua pusksesmas di Gunungkidul harus melaksanakannya,” ujarnya.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengungkapkan saat memberikan layanan, pihak puskesmas diminta untuk tidak melihat akses kesehatan yang dimiliki, apakah pasien menggunakan BPJS Kesehatan atau tidak, karena terpenting adalah tindakan medis yang harus diberikan agar semua pasien bisa dilayani. “Jangan sampai saat datang langsung ditanyai pakai fasilitas apa? Sebab yang terpenting adalah tindakan penanganan, baru masalah fasilitas kesehatan mengikuti,” tutur dia.

Petugas medis juga diminta memberikan pelayanan yang ramah terhadap semua pasien. “Selalu sapa dan senyum karena secara psikologis membantu pasien dan ini bagian dari memberikan layanan terbaik terhadap pelayanan yang dimiliki,” katanya.