Advertisement

USD Gelar Wisuda Sarjana dan Magister

Salsabila Annisa Azmi
Jum'at, 13 Maret 2020 - 21:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
USD Gelar Wisuda Sarjana dan Magister Wisuda Sarjana dan Magister Universitas Sanata Dharma di Auditorium Driyakara, Jumat (13/3/2020). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Unversitas Sanata Dharma (USD) menggelar wisuda sarjana dan magister di Auditorium Driyarkara USD, Jumat (13/3/2020). Pada periode kali ini USD meluluskan 957 wisudawan wisudawati dari delapan jurusan termasuk program pascasarjana.

Di hadapan ratusan wisudawan-wisudawati, Rektor USD Johanes Eka Priyatma memaparkan bahwa mahasiswa harus merdeka dalam belajar dan berkarya untuk menghadapi tingkat pengangguran yang cukup tinggi di Indonesia. “Jumlah penganggur masih sangat tinggi yaitu lima persen dari angkatan kerja,” kata Eka dalam sambutannya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Eka menjelaskan kenyataan itu menjadi semakin memprihatinkan karena angka pengangguran sarjana justru naik 25% pada 2019. Oleh karena itu, keberanian dan keteguhan mahasiswa dalam berkarya merupakan konstribusi yang nyata dalam mengatasi persoalan pembangunan bangsa.

Eka mengatakan tahun ini USD meluluskan ratusan siswa, namun keberhasilan Perguruan Tinggi bukan diukur dari jumlah lulusannya. “Keberhasilan perguruan tinggi dilihat dari seberapa banyak lulusannya yang mampu mandiri baik dalam belajar dan berkarya. Dunia ini semakin kompleks penuh ketidakpastian,” kata Eka.

Lebih jauh Eka berpesan pada para wisudawan agar tak terjebak dengan rasa ingin menghindari ilmu yang bersifat teoritis kokoh beserta prakteknya. Eka mengatakan hal tersebut merupakan dasar-dasar untuk mencapai kemandirian belajar.

Dari wisuda tahun ini, ada 32 lulusan terbaik dari masing-masing fakultas yang ada di USD. Dari para lulusan terbaik itu ada empat mahasiswa yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna yaitu Catharina Apriyani dan Ignatius Adi Kurniawan dari Jurusan Farmasi, Fretty Widadi dari Jurusan Manajemen Ekonomi dan Maryska Firiady dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Dalam sambutan lulusan terbaik, Ni Luh Cikara Dipta Cinantya mewakili seluruh wisudawan dan wisudawati. Dia berpesan pada semua wisudawan agar sebelum merdeka belajar dan berkarya, mereka harus merdeka dalam menentukan mimpi setelah lulus dari universitas. “Orang tua juga harus berani membebaskan anak-anaknya bermimpi,” kata Cika. 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sejumlah Pasal Kontroversial di KUHP Disorot PBB

News
| Jum'at, 09 Desember 2022, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Ikut Genjot Kualitas SDM Desa Wisata, Ini yang Dilakukan oleh BCA

Wisata
| Kamis, 08 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement