Advertisement

Belajar di Sekolah Cuma 3,5 Jam, Ini Aturan Pendidikan di DIY Saat New Normal

Lugas Subarkah
Jum'at, 05 Juni 2020 - 21:57 WIB
Bhekti Suryani
Belajar di Sekolah Cuma 3,5 Jam, Ini Aturan Pendidikan di DIY Saat New Normal Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aj, mengatakan penerapan sistem dua sif dan satu bangku satu siswa tidak akan menambah beban sekolah karena pada dasarnya total jam belajar dan jumlah bangku tetap sama seperti pada kondisi biasa.

“Biasanya jam pelajaran itu kan tujuh jam, sekarang dibagi menjadi dua sif, masing-masing 3,5 jam. Sehingga lama guru mengajar tetap sama tujuh jam. Yang harus diubah adalah KTSP [Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan],” kata dia.

Advertisement

KTSP perlu disesuaikan karena jam pelajaran di sekolah hanya separo dari biasanya. Menurutnya hal ini tidak masalah karena kurikulum nasional hanyalah pedoman, sementara KTSP boleh disesuaikan debgan kondisi di masing-masing sekolah.

Kendati pelajaran tatap muka hanya 3,5 jam, ia menekankan pembelajaran dilakukan tidak hanya di sekolah tapi juga di rumah. “Di sekolah adalah konsultasi siswa kepada guru untuk bisa lebih banyak belajar di rumah. Belajar di rumah harus, tapi anak akan kesulitan kalau tidak pernah tatap muka,” ungkapnya.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Dinas Pendidikan dan Olahraga DIY, Didik Wardaya, mengatakan dalam menghadapi new normal, sekolah perlu menginventarisir beberapa hal. “Semisal guru mana saja yang bisa masuk, artinya dari sisi Kesehatan tidak masalah. Begitu pula dengan sekolah diwajibkan memiliki fasilitas cuci tangan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement