Advertisement

Ini Daftar Kampus Paling Top di Medsos, UGM Teratas

Budi Cahyana
Selasa, 04 Agustus 2020 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
Ini Daftar Kampus Paling Top di Medsos, UGM Teratas UGM - Instagram @ugm.yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi perguruan tinggi Indonesia paling populer di medsos. UGM menempati peringkat teratas jumlah likes di Facebook, followers Instagram terbanyak, serta ada di posisi kedua followers Twitter terbanyak setelah Universitas Indonesia (UI).

Menurut riset Lifepal, UGM mendominasi platform Facebook, Instagram, dan Twitter, tetapi tidak di Youtube.

Advertisement

“Polteknik Keuangan Negara [PKN] STAN merajai kategori Youtube,” kata Ruben Setiawan, Manajer Konten PT Lifepal Technologies Indonesia, melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja, Selasa (4/8/2020).

BACA JUGA: Kawasan Seksi, Desa Tirtoadi Jadi Titik Pertemuan Tiga Tol di DIY

UGM menempati posisi pertama perguruan tinggi dengan total likes Facebook terbanyak di Juni 2020. Halaman Facebook UGM telah mendapat likes dari 428.000 pengguna Facebook.

Akun Facebook UGM kerap mengunggah berita-berita terbaru yang terpampang di situs resmi UGM. UGM secara rutin mem-posting tiga atau empat artikel dalam sehari di situs resmi universitas. Konten-konten tersebut tidak hanya sebatas update kegiatan terbaru UGM, tetapi berisikan edukasi dan tips-tips.

Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati posisi kedua dengan dengan 242.000 likes, disusul Universitas Terbuka (UT) dengan 211.000 likes, dan Universitas Padjajaran di peringkat empat dengan 183.000 likes.

BACA JUGA: Ini Satu-satunya Kecamatan di Gunungkidul yang Masih Bebas Virus Corona

Sementara, perguruan tinggi swasta yang sukses mendapat like terbanyak di halaman Facebook adalah Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali. Jumlah likes di halaman Facebook dari perguruan tinggi di Pulau Dewata ini mencapai 280.000 di akhir Juni 2020.

STIKOM Bali punya cara dengan UGM dalam memanfaatkan Facebook untuk mempromosikan konten di situs resmi ke media sosial. STIKOM Bali melakukan sinkronisasi akun Facebook dengan Instagram mereka. Hal itu menyebabkan seluruh postingan di Instagram muncul di Facebook.

Selain itu, akun fanpage STIKOM Bali juga memanfaatkan fitur Facebook chat bot atau robot pembalas pesan sehingga pengunjung dapat mengajukan pertanyaan seputar lokasi kampus, biaya kuliah, dan info lain seputar perguruan tinggi tersebut. Chat bot lantas akan mengarahkan penanya untuk menghubungi nomor resmi kantor perguruan tinggi, dan akun official LINE mereka.

UGM juga masuk ke dalam peringkat pertama perguruan tinggi negeri dengan followers Instagram terbanyak. Jumlah pengikut Instagram UGM mencapai 571.000 di akhir Juni 2020.

Menurut Lifepal, UGM sering mempromosikan UGM Update yang berisi live streaming dari unit kegiatan mahasiswa. Live tersebut tidak hanya berlangsung di Instagram, tetapi di platform lain seperti Youtube, Facebook, dan Twitter.

Di posisi kedua, ada UI dengan jumlah followers Instagram mencapai 544.000, diikuti oleh PKN STAN dengan 397.000, ITB di 213.000, Universitas Brawijaya di 206.000, dan Gunadarma 181.000.

Pada kategori perguruan tinggi swasta, Universitas Gunadarma menduduki peringkat pertama dengan jumlah followers Instagram yang mencapai 181.000.

Di Twitter, Universitas Indonesia (UI) menduduki posisi pertama dengan followers terbanyak, yakni 1,2 juta di akhir Juni 2020. UI cukup sering melakukan repost konten mereka yang ada di Instagram ke Twitter. Seluruh postingan yang ada di Twitter UI adalah informasi dari universitas tersebut. UGM berada di peringkat kedua dengan 1 juta followers.

Sementara, perguruan tinggi negeri dengan subscriber Youtube terbanyak jatuh pada PKN STAN yang sukses mengantongi 76.200 subscriber. UGM berada di peringkat ketujuh dengan 24.900 subscriber.

“Selain amat bermanfaat sebagai media promosi, media sosial juga sangat berguna sebagai sarana komunikasi, apalagi di masa pandemi Covid-19 ketika perkuliahan tidak lagi dilakukan lewat tatap muka langsung,” kata Ruben.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement