Keberadaan Lembaga PAUD di Bantul Melebihi Jumlah Pedukuhan

Ilustrasi orang tua membacakan buku dongeng kepada anak-anak usia dini. - Ist/Hmpaudi DIY
26 Agustus 2020 08:27 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Jumlah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) di Bantul mencapai 1.325. Angka tersebut melebihi jumlah pedukuhan atau dusun yang hanya 933 yang tersebar di 75 desa se-Bantul.

Lembaga Paud ini terdiri dari Taman Kanak-kanan (TK) Sebanyak 535 lembaga. Sisanya adalah Kelompok Bermain (KB), Tempat Penitipan Anak (TPA), dan Satuan Paud Sejenis (SPS) sebanyak 790 lembaga. “Bantul satu dusun satu Paud sudah terpenuhi malah lebih,” kata Bunda Paud Bantul, Erna Kusmawati, Selasa (25/7/2020).

BACA JUGA : Tak Ada Tatap Muka, MPLS Hari Pertama Masuk Sekolah

Perempuan yang mendapat penghargaan dua kali sebagai bunda Paud terbaik ini mengatakan akan terus melakukan inovasi dan kreasi untuk memajukan Paud di Bantul meski secara jumlah sudah cukup banyak. Bukan hanya lembaga Paudnya, namun juga bagaimana bisa trintegrasi dengan gizi anak usia Paud dan kesehatan anak.

Selain itu kesejahteraan tenaga pendidik Paud juga menjadi perhatiannya untuk terus ia perjuangkan, karena diakuinya insentif guru paud masih jauh dari kata layak meski sudah ada kenaikan. “Kesejahteraan guru Paud memang masih minim,” ucap Erna.

BACA JUGA : Guru PAUD di Bantul Terbitkan Buku Cerita Anak "Si Kembar