Menang Lomba, Pemkab Gunungkidul Peroleh Insentif Rp2 Miliar

Embung Nglanggeran di Kecamatan Patuk, Gunungkidul. - Harian Jogja - Galih Eko Kurniawan
28 September 2020 18:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI–Pemkab Gunungkidul mendapatkan dana insentif daerah dari Kementerian Dalam Negeri sebesar Rp2 miliar. Kepastia ini tidak lepas dari keberhasilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gunung Api Purba Nglanggera yang meraih peringkat kedua dalam lomba inovasi daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19.

Bupati Gunungkidul, memberikan apresiasi kepada pokdarwis Nglanggera yang berhasil meraih peringkat kedua dalam lomba inovasi daerah yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri. “Pengelolaan wisata di Nglanggeran harus dijadikan contoh untuk pokdarwis lain di Gunungkidul,” kata Badingah, Senin (28/9/2020).

BACA JUGA : Corona Terus Bertambah, Pemkab Gunungkidul Tegaskan

Menurut dia, DID yang diperoleh sebesar Rp2 miliar rencananya digunakan untuk memperkuat penerapan protokol kesehatan di sejumlah lokasi, termasuk di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran. Selain itu insentif ini juga akan digunakan untuk penguatan jaringan internet di kawasan pariwisata.

Dia menjelaskan, untuk fasilitas penunjang protokol kesehatan tidak hanya menyasar ke destianasi wisata karena juga diberikan ke sejumlah pasar. Hal ini penting karena pasar menjadi lokasi yang jadi tempat berkerumun sehingga harus dilakukan antisipasi agar mata rantai penyebaran virus corona bisa dicegah.

BACA JUGA : Pemkab Gunungkidul Pertimbangkan Sanksi Sosial untuk

“Untuk Nglanggeran juga kami siapkan program padat karya dari DID yang diberikan oleh kemendagri,” katanya.