Advertisement

Warga Desa di Bantul Pasang Gentong Raksasa untuk Tangkal Covid-19

Jumali
Selasa, 06 Oktober 2020 - 14:17 WIB
Budi Cahyana
Warga Desa di Bantul Pasang Gentong Raksasa untuk Tangkal Covid-19 Gentong raksasa di depan jalan masuk desa di Dusun Jodog, Gilangharjo, Pandak, Bantul, Selasa (6/10/2020). - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Cara unik dilakukan warga Jodog, Gilangharjo, Pandak, Bantul, untuk meminimalkan penularan Covid-19. Salah satunya adalah dengan melakukan gerakan yang dinamai gentongisasi agar warga bisa dengan mudah mencuci tangan menggunakan sabun.

Kepala Dusun Jodog, Gilangharjo, Pandak, Bayu Yunarto, mengatakan gerakan ini diinisiasi oleh warga yang ingin meminimalkan penularan Covid-19 di wilayahnya.

Advertisement

Selain itu, gerakan ini juga menjadi upaya mengembalikan budaya lama. Pada zaman dahulu, gentong selalu diletakkan di setiap depan rumah.

BACA JUGA: Kasus Covid-19 di Malang Menurun karena Warga Tertib Pakai Masker

Gentong itu berfungsi sebagai wadah air yang kemudian digunakan oleh orang yang akan masuk ke rumah untuk mencuci tangan.

“Tradisi ini kan sudah lama. Kami coba hidupkan kembali. Saat ini sudah ada sebanyak 154 gentong yang tersebar di 6 RT di wilayah kami,” katanya, Selasa (6/10/2020).

Tidak hanya memasang gentong di 154 rumah. Warga setempat juga memasang gentong raksasa di depan jalan masuk desa. Gentong raksasa berukuran 3x4 meter itu sebagai upaya untuk mengingatkan warga untuk cuci tangan, sebagai upaya menekan penularan Covid-19.

BACA JUGA: Tak Punya Uang, Ibu Rumah Tangga di Sleman Curi Ponsel untuk Beli Susu

“Kami juga terus mengimbau warga untuk menerapkan 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan menjaga jarak,” kata dia.

Kepala Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul, Pardiyono, mengapresiasi gerakan ini.

“Harapannya gerakan ini bisa ditiru oleh daerah lainnya.”

Pardiyono mengungkapkan pemerintah desa juga terus mendorong warga lainnya untuk memasang gentong dan memaksimalkan gerakan gentongisasi. Di Dusun Jodog ada total 500 rumah dan baru 154 yang telah melakukan gerakan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement