Ada Potensi Jebol, Aliran Air Selokan Mataram Ditutup Sementara

Kerusakan di salah satu sisi saluran Selokan Mataram pada Rabu (9/12/2020) menyebabkan aliran air dari Bendung Karangtalun dimatikan sementara untuk identifikasi. - Istimewa
09 Desember 2020 13:17 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) menutup sementara pintu air Selokan Mataram di Bendung Karangtalun pada Rabu (9/12/2020) mulai pukul 09.00 WIB. Belum diketahui pasti sampai kapan aliran Selokan Mataram akan dimatikan.

Ketua Satgas Bencana BBWSSO Pramono mengatakan aliran air ditutup karena salah satu bagian saluran Selokan Mataram rusak. Kerusakan itu berpotensi menyebabkan jebolnya saluran di hulu bangunan saluran Van der Wijck di Dusun Beteng, Kalurahan Margoagung, Kapanewon Seyegan, Sleman.

BACA JUGA: Istri Gusti Prabu Dimakamkan di Makam Keluarga Kraton dengan Standar Covid-19

"Kami akan melakukan penanganan darurat secepatnya bekerja sama dengan Pemkab Sleman," ungkapnya ketika dikonfirmasi pada Rabu siang.

Saluran Selokan Mataram selama ini digunakan untuk mengairi lahan pertanian dan kolam budidaya perikanan. BBWSSO meminta pengertian semua pihak yang selama ini memanfaatkan sumber air ini.

"Kami prioritas penanganan darurat dahulu agar kerusakannya tidak melebar," ujarnya.

Menurutnya, kerusakan pada salah satu bagian saluran air ini disebabkan pengikisan di bagian dinding saluran. Untuk memastikan kerusakannya, jawatan ini mematikan saluran air.

BACA JUGA: Agus, Anak Dalang Kondang di Sleman Bawa Kabur Ratusan Juta di Kasus Jual Beli Mobil

Pramono menyatakan sudah berkoordinasi dengan BPBD Sleman, DPUPKP Sleman, serta DPUP-ESDM DIY.

BBWSSO sementara ini telah menyiapkan 15 buah geobag berukuran 2 x 2 meter. Dari informasi yang ia terima, Pemkab Sleman juga akan membantu 500 buah sandbag dan dua lembar terpal, sementara dari DPUP-ESDM DIY akan membantu 500 buah sandbag.

Sementara itu, Kepala DPUPKP Sleman, Taupiq Wahyudi mengaku belum dapat memastikan sampai kapan pematian air yang akan berdampak ke pengairan di Sleman. "Sementara ini staf kami baru cek ke lokasi," kata dia.