Advertisement

Libur Natal, 28.405 Wisatawan Kunjungi Tempat Wisata di Bantul

Ujang Hasanudin
Minggu, 27 Desember 2020 - 11:47 WIB
Sunartono
Libur Natal, 28.405 Wisatawan Kunjungi Tempat Wisata di Bantul Foto ilustrasi: Wisatawan bermain dan berenang di Pantai Parangtritis, Bantul. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Sebanyak 28.405 wisatawan berkunjung ke objek wisata di Bantul selama libur Natal 2020. Jumlah tersebut tercatat di objek wisata yang dikelola Dinas Pariwisata Bantul dan jumlah itu jauh menurun drastis jika dibandingkan liburan Natal 2019 lalu.

Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul, Annihayah mengatakan jumlah 28.405 wisatawan yang berkunjung ke Bantul itu tercatat dari 24 Desember sampai 27 Desember pagi. Sementara libur Natal 2019 tercatat ada 57.760 wisatawan yang berkunjung ke Bantul selama dua hari, yakni 24-25 Desember.

Advertisement

BACA JUGA : Libur Natal, Wisatawan ke Taman Puspa Gading Bantul Turun

Jumlah itu merupakan akumulasi dari objek wisata yang dikelola Dinas Pariwisata Bantul seperti pantai Parangtritis dan sekitarnya, pantai Samas, pantai Goa Cemara, panti Baru, pantai Kuwaru, Goa Cerme, dan Goa Selarong. “Dulu [libur Natal]  pengunjung sampai 57.760 orang. Sekarang hanya 28.405 orang,” kata Annihayah, Minggu (27/12/2020).

Menurut Annihayah menurunnya jumlah pengunjung pada libur Natal tahun ini disebabkan beberapa faktor, di antaranya, cuti libur Natal diperpendek, cuti libur lebaran yang sedianya akan diberikan hingga Tahun Baru batal diberikan, sehingga cuti Natal hanya satu hari (tanggal 24 Desember) dan cuti lebaran satu hari (tanggal 31 Desember).

Selain itu, “Adanya pengumuman tes rapid antigen bagi pelaku perjalanan umum juga mempengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung ke Jogja khususnya Bantul,” ucap Annihayah.

BACA JUGA : Libur Natal & Tahun Baru 2021, 84 Tempat Wisata Jateng

Annihayah menambahkan pada momen libur Natal ini jawatannya telah melakukan monitoring di sejumlah destinasi wisata. Hasilnya, kata dia, wisatawan yang datang terpantau sudah mematuhi protokol kesehatan. “Alhamdulilah, sudah pakai masker semua,” ucapnya.

Sementara pantauan Harian Jogja di Taman Puspa Gading pada Jumat (25/12/2020) lalu, wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di Tegaldowo tersebut juga cenderung lengang. Hanya ada seratusan wisatawan yang lalu lalang. Tidak semua wisatawan mengenakan masker dengan benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement