Advertisement

Kundha Kabudayan Cari Makam 5 Mantan Bupati Gunungkidul

David Kurniawan
Senin, 01 Februari 2021 - 22:47 WIB
Budi Cahyana
Kundha Kabudayan Cari Makam 5 Mantan Bupati Gunungkidul Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Kundha Kabudayan Gunungkidul memiliki program untuk menelusuri makam mantan bupati Gunungkidul.

Kepala Bidang Sastra Bahasa Sejarah dan Permuseuman, Kundha Kabudayan Gunungkidul, Sigit Pramudyanto mengatakan, hingga sekarang sudah ada 28 bupati yang memimpin di Gunungkidul. Dari jumlah tersebut ada 24 orang yang sudah wafat dan hingga sekarang ada yang belum diketahui makamnya. “Untuk itu kami coba mencari agar peristirahatan terakhir para bupati ini diketahui,” katanya kepada wartawan, Senin (1/2/2021).

Advertisement

Dia menjelaskan, upaya pencarian sudah dilakukan dengan menggali berbagai informasi. Tahun ini, kata Sigit, Kundha Kabudayan menargetkan bisa menemukan makam lima tokoh yang sempat memimpin di Bumi Handayani.

Adapun kelima tokoh ini meliputi Raden Tumenggung (RT) Prawirosetiko; RT Suryokusumo; RT Padmonegoro; RT Danuhadiningrat dan RT Wiryodiningrat. “Mudah-mudahan pencarian ini bisa membuahkan hasil yang maksimal,” ungkapnya.

Menurut dia, program ini sangat penting karena tokoh-tokoh tersebut memiliki peran dalam upaya pengembangan di Gunungkidul. “Pencarian tidak hanya di Gunungkidul, tapi juga menyasar ke luar daerah,” katanya.

“Selain melakukan kunjungan ke mantan bupati yang masih hidup, setiap tahun kami juga ada agenda ziarah ke makam-makam mantan bupati yang telah wafat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian peringatan hari jadi Gunungkidul,” ungkapnya.

Kepala Kundha Kabudayan Gunungkidul, Agus Kamtono mengatakan selain penelusuran terhadap makam mantan bupati Gunungkidul, tahun ini ada program penulisan sejarah kalurahan di Bumi Handayani. “Tahun ini kami targetkan ada penulisan sejarah desa di 25 kalurahan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement