Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Bantul Belum Jelas

Ilustrasi - Freepik
03 Februari 2021 14:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bantul Suharsono-Abdul Halim Muslih tinggal 13 hari lagi. Namun, sampai saat ini belum ada kejelasan mengenai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bantul terpilih, Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo.

Sekda Bantul Helmi Jamharis belum mendapatkan kejelasan tentang pelantikan Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo. “Jadi kami masih menunggu. Kami juga akan mengikuti apapun yang diamanahkan oleh Kemendagri terkait hal ini,” kata Helmi, Rabu (3/2/2021).

BACA JUGA: Warga Sleman Tertipu Dukun Pengganda Uang di Kulonprogo

Pemkab Bantul juga belum mendapatkan kejelasan apakah nantinya jika 17 Februari, Bantul yang seharusnya sudah dipimpin oleh Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo akan mengalami kekosongan dan diisi oleh seorang penanggung jawab (Pj) Bupati.

“Jadi ada kemungkinan itu [pelantikan bupati dan wakil dilakukan serentak Maret dan akan ada Pj Bupati]. Tapi kami tidak ingin ada kekosongan pemerintahan. Artinya pemimpinnya harus ada  entah itu nanti berupa penjabat, yang bersumber dari DIY atau darimana,” ucap Helmi.

Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho mengatakan usulan pengesahan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Bantul terpilih telah disampaikan pada 23 Januari lalu.

“Selanjutnya proses dan waktu pelantikan menjadi kewenangan dan koordinasi DPRD Bantul dan Pemda DIY,” katanya.