Advertisement

Musyawarah Guru Siap Jalankan Amanat Kongres Aksara Jawa

Sunartono
Sabtu, 27 Maret 2021 - 09:17 WIB
Sunartono
Musyawarah Guru Siap Jalankan Amanat Kongres Aksara Jawa Pembukaan Kongres Aksara Jawa/Ist / Humas Pemda DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa di level SMP hingga SMA/SMK menyatakan kesiapannya dalam menjalankan amanat Kongres Aksara Jawa I.

Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA DIY Slamet Nugroho menuturkan MGMP Bahasa Jawa menjadi bagian dari inisiator atas terlaksananya KAJ. MGMP Bahasa Jawa sejak awal berkomitmen dalam upaya pelestarian Aksara Jawa. Pengenalan Aksara Jawa di ranah digital telah dilakukan guru bahasa Jawa DIY kepada siswa-siswinya sejak tiga tahun silam. Oleh karena itu, ia menegaskan MGMP Bahasa Jawa siap menjalankan amanat Kongres Aksara Jawa I.

Advertisement

BACA JUGA : Kongres Aksara Jawa I di DIY Berpotensi Munculkan 

“Sehingga kami siap menjalankan amanat Kongres ini. Karena sejak awal berkomitmen bahwa MGMP Bahasa Jawa dapat turut andil melaksanakan amanat KAJ 1 dengan menjadi mitra strategis Dikpora DIY untuk menyusun kurikulum yang terstruktur,” katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (27/3/2021).

Hal yang sama juga disampaikan Ketua MGMP Bahasa Jawa SMK DIY Sinar Indra Krisnawan. MGMP sebagai wadah para guru untuk melaksanakan mandat sebagai pendidik bangsa sudah selayaknya menjadi jembatan guru dan Dinas Pendidikan dan Pemuda dan Olahraga dalam mengurai penyelarasan kurikulum khususnya pada materi aksara Jawa.

“Sejauh ini masih ditemukan permasalahan dalam kurikulum Bahasa Jawa SD hingga SMA/SMK berupa proporsi materi aksara Jawa kurang seimbang,” ujarnya.

BACA JUGA : Ditolak Domain Internet, Aksara Jawa Belum Diakui

Marsidi, perwakilan dari MGMP SMP DIY menambahkan MGMP berkomitmen menjadi bagian dari organisasi para guru yang menjadi garda terdepan dalam gerakan pelestarian Aksara Jawa. “Khususnya, dalam proses belajar mengajar di sekolah, dengan menjadikan Aksara Jawa sebagai mata pelajaran yang menyenangkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Klaten Tetap Tolak Jalan Tol Lingkar Luar Solo

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement