Sejumlah Perangkat Desa Terinfeksi Corona Meski Sudah Divaksin, Begini Penjelasan Pemkab Sleman

Ilustrasi. - Freepik
02 April 2021 20:37 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Pemkab Sleman angkat bicara ihwal adanya Sejumlah perangkat desa di Kalurahan Sidoluhur, Godean, Sleman yang terinfeksi Covid-19 meski telah divaksin dosis kedua.

Mereka yang terinfeksi yakni Kamituwo atau Kasi Pelayanan Kalurahan Sidoluhur, Godean Sleman bersama dua orang staf desa tersebut. Lainnya seorang pegawai Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) desa tersebut dinyatakan positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan perangkat kalurahan sudah menerima vaksin dosis kedua. Namun Joko belum bisa memastikan apakah yang bersangkutan sudah terpapar Covid-19 setelah diberi vaksin dosis kedua atau sebelumnya.

"Mudah-mudahan ini kasus pertama [penerima vaksin dosis kedua terpapar Covid-19]. Meskipun sebetulnya, orang orang yang sudah mendapat 2 dosis vaksin memang masih bisa tertular virus Corona," katanya, Jumat (2/4/2021).

BACA JUGA: Sudah Divaksin, Sejumlah Perangkat Desa di Godean Tetap Terinfeksi Covid-19

Pemberian vaksin dosis pertama, masih diikuti dengan dosis kedua. Sebab dosis pertama, kata Joko, kekebalannya belum terbentuk. Dengan kondisi ini ada kemungkinan orang yang sudah divaksin pertama masih bisa terkena Covid-19.

Kalau sudah diberi dosis kedua masih terkena Covid-19, maka gejala yang diterima tidak akan terlalu berat. Sebab virus yang masuk lebih sedikit dibandingkan dengan yang belum divaksin. "Yang tidak kalah penting adalah menerapkan protokol kesehatan setelah divaksin," katanya.

Carik Sidoluhur Fajar Nugroho mengatakan akibat adanya perangkat kalurahan yang terpapar Covid-19, maka pelayanan kantor sejak Selasa (30/3/2021) hingga Kamis (1/4/2021) kemarin ditutup. "Layanan kembali kami buka pada Senin (5/4/2021) mendatang," katanya, Jumat (2/4/2021).