Advertisement

Pengukuhan Kalurahan Tangguh Bencana Diawali Gladi Penanganan Angin Kencang

Lugas Subarkah
Senin, 05 April 2021 - 07:37 WIB
Sunartono
Pengukuhan Kalurahan Tangguh Bencana Diawali Gladi Penanganan Angin Kencang Sejumlah anggota Kaltana Sendangrejo mengikuti pengukuhan, Sabtu (3/4). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, MINGGIR--Kalurahan Sendangrejo, Kapanewon Minggir, Sleman  kini telah resmi memiliki Kalurahan Tangguh Bencana (Kaltana). Pengukuhan berlangsung pada Sabtu (3/4/2021) dengan diawali gladi posko penanggulangan bencana angin kencang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantana, menjelaskan Kalurahan Sendangrejo menjadi Kaltana ke 263 yang dibentuk di seluruh DIY. Hal ini menjadi upaya antisipasi di 301 desa atau kalurahan di DIY yang rawan bencana.

Advertisement

Karena masih dalam situasi pandemi covid-19, gladi posko dilaksanakan secara terbatas. “Dalam situasi normal gladi penanggulangan bencana ini melibatkan ratusan masyarakat, namun dalam situasi pandemi gladi menaati protokol kesehatan,” ujarnya, Minggu (4/4/2021).

BACA JUGA : Desa Tangguh Inisiasi BPBD DIY, Salah Satu Kunci

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menuturkan gladi posko penanggulangan bencana ini merupakan salah satu upaya untuk melakukan persiapan dalam menghadapi terjadinya bencana alam di Kalurahan Sedangrejo.

“Dalam menyikapi kejadian bencana, pada saat ini kita tidak lagi bersikap responsif namun sudah menuju upaya preventif yaitu pengelolaan resiko bencana,” katanya.

Menurutnya, Pemkab Sleman tidak akan mampu melakukan mitigasi bencana tanpa dukungan dan peran aktif dari masyarakat, tim relawan dan para pemangku kepentingan lainnya. Maka pihaknya berupaya untuk membekali masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan mitigasi bencana.

BACA JUGA : Hadapi Potensi Angin Kencang, Sumberahayu Bentuk

”Berkenaan dengan hal tersebut, melalui gladi posko ini saya harapkan seluruh pemangku kepentingan beserta masyarakat memiliki pengetahuan, keterampilan serta kesiap siagaan dalam menghadapi terjadinya bencana,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Jogjapolitan | 55 minutes ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement