Advertisement

Desa Tangguh Inisiasi BPBD DIY, Salah Satu Kunci Kemandirian Warga

Catur Dwi Janati
Jum'at, 02 Oktober 2020 - 15:37 WIB
Budi Cahyana
Desa Tangguh Inisiasi BPBD DIY, Salah Satu Kunci Kemandirian Warga Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD DIY, Danang Samsu. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Desa Tangguh Bencana Inisiasi BPBD DIY terus memberikan dampak positif. Berbagai pelatihan dan pendamping terhadap desa-desa agar menjadi tangguh dalam berbagai bencana kini juga diadaptasi warga dalam tanggap darurat Covid-19.

Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD DIY, Danang Samsu, menceritakan asal muasal berdirinya Desa Tangguh. Mulanya konsep ini berawal dari bencana tsunami Aceh, tetapi justru gempa Jogja 2006 yang membuat DIY punya prototipe Desa Tangguhdi enam desa di wilayah Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo. "Mulai 2007 sampai 2012 prototipe itu diperbaiki terus, kemudian jadi acuan untuk Desa Tangguh nasional," ujar dia, Kamis (1/10/2020).

Advertisement

Danang mengatakan Desa Tangguh yang memiliki ketangguhan terhadap bencana maka selanjutnya disebut Desa Tangguh Bencana. “Desa Tangguh Bencana punya unsur kemandirian, masyarakat bukan jadi objek tetapi jadi subjek kemandirian,” kata dia.

BACA JUGA: Sulit Cari Lahan, Pemkab Sleman Urungkan Niat Bangun TPST3R Tahun Depan

Ruang lingkup desa dipilih menjadi wadah dalam berorganisasi karena merupakan lingkup otonomi terkecil yang ada figur pemerintah.

Danang mengatakan ketangguhan dapat dipersiapkan menghadapi bencana alam dan non alam. "Segala macam tergantung kontekstual wilayahnya seperti Merapi, tsunami, longsor. Dari ancaman tadi karakteristiknya beda, tindakan-tindakan yang dilakukan juga berbeda," ujarnya.

Desa Tangguh juga diharuskan bisa beradaptasi dengan pandemi Covid-19. "Belum ada Desa Tangguh Covid-19 sebelumnya, baru dibuat mulai Maret ini, sekarang berkembang menjadi Desa Tangguh Covid,” ujar dia,

Hingga kini sudah ada 270 Desa Tangguh. Jumlah tersebut disaring dari 458 desa di DIY. “Dari 458 desa, ada 301 desa dengan risiko tinggi di DIY, berarti 301 itu menjadi prioritas ketangguhan dan sudah 270 yang menyatakan ketangguhan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement