Advertisement

14.182 Siswa SD/MI di Bantul Akan Jalani Ujian ASPD

Jumali
Senin, 26 April 2021 - 14:27 WIB
Sunartono
14.182 Siswa SD/MI di Bantul Akan Jalani Ujian ASPD Ilustrasi. - SOLOPOS/Ratna Puspita Dewi

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Sebanyak 14.182 siswa kelas VI SD/MI negeri dan swasta di Kabupaten Bantul dipastikan mengikuti Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) yang digelar Senin (24/5), Selasa (25/5) dan Kamis (27/5) mendatang di 393 sekolah di Bumi Projotamansari.

Berbeda dengan ASPD di tingkat SMP/MTs, ASPD SD/MI akan menggunakan kertas. "Pertimbangannya sarana dan prasarana. Tidak semua sekolah memilki komputer dan jaringan yang baik. Oleh karena itu ASPD SD/MI akan menggunakan kertas," kata Kasi Kurikulum SD Disdikpora Bantul, Wahyoto, Senin (26/4/2021).

Advertisement

BACA JUGA : Heboh Kabar Guru Bocorkan Soal ASPD SMP di Sleman

Meski tidak menggunakan komputer, namun fungsi ASPD SD/MI akan sama dengan tingkat SMP/MTs yakni untuk pemetaan mutu pendidikan. Adapu  tiga mata pelajaran yang diuji pada ASPD kali ini adalah Bahasa Indonesia yang digelar Senin (24/5), Matematika pada Selasa (25/5) dan IPA pada Kamis (27/5).

"Untuk ujian susulan akan digelar Rabu [2/6] untuk Bahasa Indonesia dan Matematika. Sedangkan IPA digelar Kamis [3/6]," lanjutnya.

Karena masih dalam masa pandemi, menurut Wahyoto maka penerapan protokol kesehatan ketat wajib dilakukan saat ujian. Selain mewajibkan siswa mengenakan masker dan mencuci tangan, ada jaga jarak antarsiswa saat menjalani ujian.

BACA JUGA : Ratusan Siswa di Bantul Dijadwalkan Ikut ASPD Susulan

"Jadi nanti satu ruangan hanya akan diisi 10 siswa. Duduknya diatur dan pelaksanaan akan mengedepankan protokol kesehatan," jelasnya.

Selain itu, pelaksanaan ujian juga akan melibatkan satgas penanganan Covid-19 di tingkat kalurahan dan kapanewon. Agar pelaksanaan berjalan lancar, Wahyoto menyatakan sejumlah persiapan telah dilakukan.

"Salah satunya adalah tryout. Karena anggaran terbatas, maka yang menggelar dari pihak MKKS," ucap Wahyoto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Predksi BMKG: Seluruh Wilayah Indonesia Hujan Lebat Hari Ini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement