Cegah Penularan Covid-19, Bumijo Bentuk Serbu

Serbu sedang melakukan apel bersama dalam rangka penjagaan wilayah selama pelarangan mudik di Kelurahan Bumijo, Rabu (5/5). Harian Jogja - Sirojul Khafid
07 Mei 2021 09:47 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JETIS -- Kelurahan Bumijo, Kota Jogja membentuk kelompok Semangat Relawan Bumijo (Serbu).

Menurut Lurah Bumijo, Ani Purwanti, inisiasi Serbu saat adanya posko Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) Mikro. Kala itu, seluruh elemen masyarakat kompak untuk menjaga posko dan terlibat dalam penanggulangan Covid-19.

Untuk menjaga kekompakan dan kebersamaan ini, warga menginisiasi pembentukan Serbu. "Setalah PTKM Mikro [nantinya] berhenti, [ada kemungkinan relawan] yang di posko juga berhenti. Untuk itu warga semua mau bentuk relawan Serbu. Sampai kapan pun tetap ada," kata Ani, Rabu (5/5/2021).

BACA JUGA : Diperpanjang Lagi, Pemda DIY Klaim PPKM Mikro Berhasil

Sebelum terbentuk Serbu, para anggota relawan ini telah turut andil dalam penanganan berbagai bencana. Tidak hanya Covid-19, anggota Serbu yang terdiri dari ketua Rukun Warga, Ketua Kampung, Kelurahan Tangguh Bencana, Kampung Tanggung Bencana dan lainnya ini sudah banyak membantu apabila bencana di sekitar Bumijo terjadi.

Setelah terbentuk, dan bertepatan dengan larangan mudik dari 6-17 Mei 2021, Serbu turut membantu memantau wilayahnya. Apabila ada pemudik, akan mereka tangani sesuai prosedur dari Pemerintah Kota Jogja. Jika larangan mudik sudah selesai, Serbu akan fokus pada pencegahan dan penanganan bencana lain. Secara geografis, Bumijo berada di pinggiran sungai, rel kereta api sampai wilayah yang padat penduduk. Dari beberapa hal tersebut, ada potensi kebencanaan alam maupun sosial yang terjadi.

BACA JUGA : PPKM Mikro Diperpanjang Hingga 17 Mei, Mendagri Tito Jelaskan Alasannya

"Dengan adanya Serbu, semoga korban kebencanaan semakin berkurang. Dengan adanya ini bisa meminimalisir korban," kata Ani.

"Karena ini inisiatif sendiri, semoga bisa berkelanjutan."

Mantri Pamong Praja Kemantren Jetis, Sumargandi menyambut baik pembentukan Serbu. Melihat banyaknya bencana saat ini, baik alam atau lainnya, keberadaan relawan menjadi salah satu hal penting.

Sejauh ini, saat ada suatu bencana, koordinasi dan aksi dari para relawan tergolong cepat. "Itu keunggulannya ada relawan-relawan. Meski tanpa bayaran, semangat mereka luar biasa," kata Sumargandi. "Ini merupakan potensi pemberdayaan masyarakat di daerah Bumijo."