Advertisement

Disdukcapil Gunungkidul Pastikan Tak Ada Layanan saat Libur Lebaran

David Kurniawan
Rabu, 12 Mei 2021 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
Disdukcapil Gunungkidul Pastikan Tak Ada Layanan saat Libur Lebaran Ilustrasi - JIBI/Solopos

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Gunungkidul memastikan tidak ada layanan administrasi kependudukan selama libur Lebaran. Pelayanan akan kembali dibuka mulai Senin (17/5/2021).

Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Markus Tri Munarjo mengatakan layanan administrasi kependudukan dihentikan pada saat cuti bersama dan libur Lebaran. Tidak adanya pelayanan berlaku mulai Rabu (12/5/2021) sampai Jumat (14/5/2021). “Sabtu-Minggu libur seperti biasa. Jadi, layanan kembali dibuka mulai Senin [17/5] mendatang,” katanya, Rabu.

Menurut dia, kebijakan tidak membuka layanan saat libur lebaran bukan menjadi persoalan. Keputusan ini sudah melalui berbagai pertimbangan, salah satunya disesuaikan dengan kebijakan nasional tentang libur Idulfitri yang diperpendek dan larangan mudik guna mengurangi risiko penularan virus Corona. “Jadi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Lebaran ini tidak membuka layanan administrasi kependudukan,” katanya.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Hal berbeda terjadi di lingkup layanan kesehatan untuk masyarakat. Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan layanan gawat darurat dan rawat inap di puskesmas maupun Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari tetap buka selama libur lebaran. “Saya sudah cek dan semua siap memberikan layanan. Meski ada libur, kami tidak ingin ada pasien yang telantar karena tidak mendapatkan layanan kesehatan,” katanya.

Menurut dia, layanan kesehatan tidak hanya dilakukan di puskesmas maupun rumah sakit. Pasalnya, pemkab juga selalu siapsiaga dengan unit Gunungkidul Emergency Service (GES) layanan ini dipersiapkan untuk penanganan keadaan gawat darurat di masyarkat. “Mudah-mudahan tidak ada masalah, tapi kami tetap siap siaga dengan unit layanan yang dimiliki,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Total 6 Orang Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan, 3 dari Polisi

News
| Kamis, 06 Oktober 2022, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement