Sinergi KKN IT 048 Reguler UMY Berdayakan KWT Melati dan Remaja Desa Sentolo

Mahasiswa KKN IT 048 Reguler UMY melakukan pendampingan terhadap Kelompok Wanita Tani Melati dan Remaja yang berlokasi di desa Sentolo Kulonprogo. Pendampingan berlangsung selama 1 bulan dimulai dari 16 Januari sampai dengan 15 Februari 2021. - Ist
29 Mei 2021 11:57 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Mahasiswa KKN IT 048 Reguler UMY melakukan pendampingan terhadap Kelompok Wanita Tani Melati dan Remaja yang berlokasi di desa Sentolo Kulonprogo. Pendampingan berlangsung selama 1 bulan dimulai dari 16 Januari sampai dengan 15 Februari 2021.

KWT Melati merupakan jenis usaha yaitu perkebunan sayuran yang dikelola oleh masyarakat sekitar yang beranggotakan 9 orang. KWT Melati baru berdiri pada bulan Maret 2020. Terkait strukturnya sudah cukup jelas seperti ada bagian produksi, bagian pemasaran dll. Kegiatan pertanian yang dilakukan oleh KWT dilaksanakan setiap seminggu sekali dan melakukan perkumpulam setiap pertanggal 25 disetiap bulannya.

Selain kegiatan perkebunan sayur ada juga pembuatan keripik pisang dan sale pisang. Berawal dari keresahan saya ketika menjual panen buah pisang ke pasar, dengan membawa 3 tundun buah pisang yang begitu beratnya, ternyata harga jualnya sangatlah rendah. Bermula dari situ saya terus berfikir bagaimana cara meningkatkan harga jual buah pisang. Saya mencoba mengolah pisang menjadi kripik dan sale guna meningkatkan harga jual pisang. Namun disitu kami memiliki beberapa kendala dalam hal tersebut terlebih lagi dimasa pandemi Covid-19 ini,” terang Ibu Warni selaku ketua KWT Melati (22/12/2021).

Fajar Irawan Yoga Aji selaku ketua dari KKN 048 IT UMY serta Bapak Tri Wahyono, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing dari program Studi Teknik Mesin UMY mendukung penuh dalam melaksanakan kegiatan pemberdayaan tersebut. Beberapa program kerja yang diusulkan diantaranya yaitu pelatihan pengolahan keripik berbahan hasil pertaniaan, pembuatan desain logo dan kemasan, perizinan UMKM, pengurusan PIRT dan proses pemasaran produk secara digital marketing.

Kegiatan pelatihan pembuatan kripik berbahan sayuran hasil pertanian ditujukan kepada KWT Melati dengan pemateri Muhammad Farhan, S.P. alumni dari UMY Fakultas Pertanian Jurusan Agribisnis untuk memaparkan terkait pembuatan kripik berbahan hasil pertanian. Acara pelatihan juga dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan KKN 048 IT UMY. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, mereka berharap bisa melakukan pengolahan hasil pertanian dengan lebih baik sehingga sudah siap untuk diterima dipasaran.

Selain pelatihan, progam yang lainnya yaitu pembuatan desain logo, kemasan serta digital marketing digarap oleh Angga Wika Nugraha dan Indira Widya selaku tim PDD KKN 048 IT UMY 2021.Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pemasaran produk KWT Melati agar lebih luas lagi.

“Selain hal diatas, kita juga imbangi dengan perizinan UMKM dan PIRT sebagai jaminan bagi para konsumennya mengenai produk yang ditawarkan oleh KWT Melati ini, sehingga bisa menambah kepercayaan masyarakat terkait produk KWT Melati sehingga bisa berdampak terhadap pemasaran juga. Untuk tahap Perizinan alhamdulillah sudah kami daftarkan ke Dinas Kesehatan dan sekarang masih dalam proses menunggu untuk pelatihan,” terang Muhammad Heru S. selaku devisi humas.

Selain pendampingan terhadap KWT Melati, pendampingan terhadap Remaja Desa Sentolo, khususnya Padukuhan Dlaban dilakukan dengan cara mengadakan pelatihan lifeskill dan juga kegiatan lainnya yang bertempat di Padukuhan Dlaban, Sentolo, Kulonprogo. Pelatihan yang dilaksanakan yaitu editing video, menyulam dan digital marketing. Hal ini mengingat zaman serba digital ini, sebagai generasi muda harus memiliki ketrampilan skill yang memadai sehingga bisa bermanfaat kedepannya. Denny Bagaskara, salah satu peserta pelatihan lifeskill mengatakan bahwa acara sangat bermanfaat dan dapat langsung diaplikasikan.

Kerjabakti membersihkan masjid bersama Remaja Padukuhan Dlaban

Workshop pertama tanggal 31 Januari 2021 mengenai Vidio Editing yang diisi oleh saudara Riki Setiawan. Workshop ini berlangsung selama 4 jam, mulai 13.00 dan berakhir pukul 5 sore. Pembicara memaparkan materi dasar video editing dan dilanjut dengan praktik pembuatan video, dari mulai pengambilan gambar hingga proses editing. Proses editing dalam workshop ini menggunakan handphone dengan tujuan lebih simple dan mudah. Peserta dari PRPD sangat antusias dan alhamdulillah respon nya positif.

Pelatihan menyulam kepada anggota Remaja Padukuhan Dlaban

Workshop kedua tanggal 7 Februari 2021 mengenai menyulam yang diisi oleh saudari Siti Munfarikah. Peserta yang hadir dalam pelatihan ini perempuan semua, dikarenakan menyulam lebih identik kepada perempuan. Output workshop ini adalah membuat hasil sulam dengan beberapa model pola yang telah dijelaskan.

Workshop terakhir tanggal 14 Februari mengenai digital marketing yang diisi langsung oleh salah satu anggota KKN IT 048, Hastriany Masyitoh Kassyaf. Hani memiliki cukup pengalaman, sekaligus menjadi pelaku digital marketing, ia mempunyai beberapa yang pemasarannya melalui digital (Instagram). Salah dua usaha nya yaitu dibidang kuliner dan fashion. Pelatihan ini berjalan lancar hingga akhir.

“Kami berharap semoga kegiatan pemberdayaan oleh KKN 048 IT UMY ini bisa memberikan dampak yang positif bagi KWT melati dan semoga semua anggota menjadi semakin bersemangat dalam menjalankan kegiatannya. Selain itu perlunya ketrampilan yang harus dimiliki oleh para generasi muda sangatlah penting dizaman serba persaingan seperti ini” tutur Bapak Tri Wahyono, M.Pd. selaku dosen pembimbing lapangan KKN 048 IT UMY.