Advertisement

Peduli Pembelajaran Masa Pandemi, Prodi TI UMY Ajari Guru-Guru Gunakan Zoom

Media Digital
Jum'at, 06 Agustus 2021 - 19:47 WIB
Budi Cahyana
Peduli Pembelajaran Masa Pandemi, Prodi TI UMY Ajari Guru-Guru Gunakan Zoom Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan penggunaan Zoom kepada guru-guru di SD Muhammadiyah Sangonan 1 Godean, Sabtu 24 Juli 2021. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pandemi Covid-19 memaksa guru dan siswa melaksanakan pembelajaran secara daring baik sinkron maupun asinkron.

Penggunaan aplikasi pembelajaran daring untuk pembelajaran sinkron, seperti Zoom, menjadi pilihan para guru karena aplikasi tersebut memiliki fitur yang lengkap dan memudahkan. Permasalahan yang dihadapi oleh sebagian guru adalah belum ada atau minimnya ketrampilan penggunaan Zoom.

Advertisement

Oleh karena itu, Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan penggunaan Zoom kepada guru-guru di SD Muhammadiyah Sangonan 1 Godean, Sabtu 24 Juli 2021.

Pelatihan dibuka oleh Drs. Tukiyadi, Ketua Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Godean. Dalam sambutannya, Tukiyadi menyampaikan kendala pembelajaran masa pandemi dimana pembelajaran tatap muka di kelas tidak dapat dilaksanakan harus diatasi oleh pihak sekolah. “Acara pelatihan ini sangat penting diikuti untuk mengatasi permasalahan pembelajaran daring,” pungkasnya.

Slamet Riyadi, ST, MSc, PhD, Penanggung Jawab Program sekaligus Dosen Prodi Teknologi Informasi UMY, mengungkapkan bahwa pelatihan ini mencakup dasar-dasar penggunaan aplikasi Zoom, yaitu bagaimana memiliki akun Zoom, membuat kelas, mengelola peserta dan mengelola aktivitas kelas seperti aktivasi audio, gambar, berbagi layar, merekam, chat, break out room dan sebagainya.

“Kita gunakan metode materi langsung praktek sehingga guru bisa langsung mencoba setiap tahapan dari materi yang diberikan,” jelas Slamet. Dalam melaksanakan pelatihan, Slamet dibantu oleh Adi Syairul Alim, spesialis perangkat online dari Lembaga Sistem Informasi UMY.

Dalam penutupan acara, Siti Zakiyah, ST, Kepala SD Sangonan 1 menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prodi Teknologi Informasi UMY atas pelatihan Zoom yang diberikan sehingga guru-guru mampu membuat dan mengelola kelas online secara sinkron. Selain berupa pelatihan, UMY juga membantu sekolah berupa penambahan perangkat akses wifi di dua unit ruang kelas.

“Dulu hanya satu ruang yang ada wifi. UMY menambah dua perangkat wifi sehingga sekarang seluruh ruang kelas bisa mengakses wifi,” tutup Siti. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus Terjun dari Jembatan kemudian Terbakar, 45 Orang Dilaporkan Tewas

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement