Permuda Akses Difabel, Gedung Induk Parasamya Bantul Dipasang Lift

Sekda Bantul, Helmi Jamharis (ketiga dari kiri) saat menyampaikan penjelasan terkait dengan upaya Pemkab Bantul dalam menghadapi libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Parasamya, kompleks Pemkab Bantul, Senin (21/12/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
09 Agustus 2021 08:57 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Sejumlah pembangunan infrastruktur tengah berjalan di Kompleks Parasamya Pemkab Bantul. Pembangunan lift menjadi salah satu proyek dikerjakan agar Gedung Induk Parasamya ramah disabilitas.

Sekretaris Daerah Bantul, Helmi Jamharispada Minggu (8/8/2021) menyampaikan saat ini setidaknya ada tiga pembangunan infrastruktur yang tengah berjalan di Kompleks Parasamya. Beberapa proyek tersebut yakni pembangunan lift di gedung induk, perbaikan Pendopo Parasamya, dan pembangunan Data Center di Diskominfo.

"Pertimbangan membangun lift kita bangun karena kita kan termasuk kabupaten yang peduli difabel. Sehingga pada saatnya nanti melakukan rapat koordonasi dengan mengundang mereka tidak akan terjadi kesulitan akses menuju lantai dua dan tiga, karena lift disediakan," terangnya.

Baca juga: Mobilitas Warga di DIY Diklaim Turun 30%

Lift dinilai lebih efektif ketimbang pembangunan ram yang memerlukan banyak ruang. "Kan enggak efektif untuk membangun itu [ram], untuk lantai dua dibuat seberapa kemiringannya. Membutuhkan ruang yang cukup banyak. Sehingga dengan lift ini bisa memecahkan masalah," tandasnya.

Pembangunan lift berada di sebelah tinur Gedung Induk Parasamya. Tepatnya di utara ruangan Wakil Bupati, Joko Purnomo.

Beralih di sisi lainnya, pembangunan ruangan Data Center akan berfungsi sebagai ruang khusus telekonferensi. "Bentuknya fisik, ruangan. Harapannya Bupati atau Forkompimda ketika melaksanakan telekonferensi kita pusatkan di ruang khusus," ujarnya.

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri Datang ke Sleman untuk Pantau Pelaksanaan Covid-19, Ini yang Dilakukan

Sementara itu Pendopo Paramsaya direnovasi karena semenjak rusak belum pernah mendapatkan perbaikan. "Sekarang dilakukan perbaikan total untuk atap, eternitnya. Kalau tiang-tiang masih kita gunakan, karena kondisinya masih bagus," tuturnya.

Berbagai proyek pembangunan di Kompleks Parasamya tadi ditargetkan rampung pada Tahun Anggaran 2021. "Dari segi progres [persentasenya] tidak tahu persis. Harapannya, bagi kami bagian dari upaya untuk tetap menghidupakan kegiatan infrastruktur karena disana nanti akan ada tenaga kerja sehingga bagian dari pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19," tandasnya.