Advertisement

Gandeng Industri, UGM Manfaatkan EBT Lewat Panel Surya

Sunartono
Rabu, 15 September 2021 - 09:37 WIB
Sunartono
Gandeng Industri, UGM Manfaatkan EBT Lewat Panel Surya Rektor UGM Profesor Panut Mulyono saat penandatanganan kerja sama di bidang EBT di Balairung, UGM, Selasa (14/9/2021). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Universitas Gadjah Mada (UGM) terus berkomitmen untuk menerapkan energi baru dan terbarukan (EBT) di lingkungan kampus dengan mengandeng sektor industri. Salah satunya melalui kerja sama dengan swasta yaitu PT Agra Surya Energy yang secara resmi ditandatangani di Balairung, UGM, pada Selasa (14/9/2021). Perusahaan yang bergerak di bidang EBT ini akan memasang panel surya di lingkungan UGM.

Rektor UGM Profesor Panut Mulyono dalam sambutannya mengatakan saat ini pemanfaatan EBT menjadi salah satu kepedulian dan konsentrasi Pemerintah Pusat. Oleh karena itu dengan adanya pemasangan panel surya akan lebih meningkatkan pemanfaatan EBT di lingkungan UGM ke depannya.

Advertisement

BACA JUGA : Kembangkan Sektor Perkebunan di Wirosaban Barat, Tim ...

“Ini sesuai dengan kepedulian UGM dalam memberikan perhatian pembangunan energi baru terbarukan. Semoga dengan kerja sama ini dapat terwujudkan energi baru terbarukan," katanya.  

Keberadaan panel surya juga akan menambah penilaian UGM sebagai kampus berkelanjutan. Mengingat salah satu penilaian kampus berkelanjutan adalah seberapa besar suatu kampus memanfaatkan EBT hingga seberapa baik kampus menjaga lingkungan serta konsentrasi riset EBT.

Selain itu keberadaan panel surya di lingkungan UGM harapannya bisa menjadi edukasi bagi masyarakat, terutama masyarakat yang masuk di lingkungan UGM.

“Sehingga dengan adanya pemasangan panel surya ini harapannya dapat meningkatkan ranking sebagai kampus berkelanjutan di UGM. Jika memungkinkan didesain keberadaan panel surya bisa ditunjukkan kepada masyarakat yang masuk atau lewat di UGM akan sangat baik dan di daerah yang strategis bagi masyarakat lewat misalnya di bundaran,” katanya

Direktur Utama PT Agra Surya Energy Harvey Tjokro mengungkapkan bentuk kerja sama tersebut meliputi pemasangan PLTS di kawasan UGM, pendirian Badan usaha bersama bidang EBT, pembangunan Monumen Energi di UGM, hingga sinergi industri dan kampus untuk pengembangan penelitian EBT dan startup serta pelatihan untuk mahasiswa.

“UGM adalah sebuah aset sangat besar yang dimiliki bangsa, harapannya sinergi ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas untuk mendapatkan EBT,” katanya.

BACA JUGA : Bertahun-tahun Sulit Dapat Listrik, Petani di Pesisir 

Ia berharap dengan UGM akan berdampak segera bagi pembangunan PLTS Atap di Indonesia. Saat ini timnya sedang membangun PLTS Atap di perusahaan Pengolahan Pangan swasta nasional sebesar 100 MW, beberapa pabrik dan industri nasional maupun asing sampai dengan 500 MW. Selain itu juga kawasan Gedung DPR/MPR yang akan selesai terpasang PLTS di akhir tahun ini.

“Tantangan global tentang Perubahan Iklim yang telah ditandatangani Presiden Jokowi Wdodo di 2015 silam telah menjadikan posisi Indonesia sangat penting untuk mempercepat pembangunan PLTS di segala sektor sebagai salah satu pilihan EBT  yang paling efesien, mudah, murah dan cepat di aplikasikan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement