Advertisement

Setelah Klaster Takziah Sedayu, Muncul Klaster Tahu di Gamping Sleman

Abdul Hamied Razak
Kamis, 11 November 2021 - 20:37 WIB
Budi Cahyana
Setelah Klaster Takziah Sedayu, Muncul Klaster Tahu di Gamping Sleman Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Selain Klaster Takziah Sedayu Bantul yang menambah jumlah pasien positif Covid-19, muncul klaster baru di Sleman. Klaster ini berasal dari pabrik tahu yang beroperasi di Kapanewon Gamping.

Kabar mengenai munculnya Klaster Tahu ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Sleman Cahya Purnama. Klaster tahu ini muncul di Somodaran, Banyuraden, Kapanewon Gamping. "Ada 10 orang yang positif Covid-19," katanya, Kamis (11/11/2021).

Advertisement

BACA JUGA: Kasus Positif Covid-19 di Kalangan Siswa Kulonprogo Terus Bertambah Menjadi 21

Selain menulari pemilik pabrik tahu, virus Corona ini juga menulari empat karyawan, satu tetangga suspek dan tiga orang lainnya yang berada di luar daerah. Ketiga warga di luar Sleman tersebut berasal dari Kulonprogo. "Dari 10 orang yang positif yang bergejala enam orang," jelasnya.

Oleh Satgas Covid-19 Kalurahan Banyuraden, pasien Covid-19 dimotivasi agar bisa menjalani isolasi di Asrama Haji (Isoter). Lurah Banyuraden Sudarisman mengatakan klaster ini muncul sekitar dua hari lalu. Padahal lima pekan terakhir kalurahan tersebut masuk zona hijau atau tidak ada kasus penularan Covid-19.

"Itu produsen tahu rumahan. Setelah di-tracing total ada 10 orang yang positif. Tapi bukan semuanya warga sini, ada juga warga Kulonprogo," katanya.

Dia mengatakan, mereka yang terpapar Covid-19 masih dalam satu keluarga. Ada tiga rumah yang saat ini dijadikan tempat isolasi mandiri bagi mereka. Sebab, mereka enggan menjalani isolasi di tempat isolasi terpadu. “Akhirnya mereka menjalani isoman. Kami sudah minta untuk disiplin dan tidak keluar rumah selama menjalani isolasi," kata Sudarisman.

Segala kebutuhan selama pasien menjalani isoman, lanjut dia, akan dipenuhi oleh satgas dan warga. “Kami tidak tahu penularannya dari mana, padahal mereka sudah divaksinasi. Oleh karenanya, kami minta warga tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement