Ratusan Pelajar Ikuti Vaksinasi Dosis Kedua di Puskesmas Gamping II

Salah satu pelajar SD mengikuti vaksinasi di Puskesmas Gamping II, Jumat (3/12/2021). - Ist.
03 Desember 2021 09:27 WIB Sunartono Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Ratusan pelajar sekolah umum dan santri dari sejumlah Pondok Pesantren mengikuti vaksinasi dosis kedua di Puskesmas Gamping II, Sleman, Jumat (3/12/2021) pagi. Semangat mengikuti vaksinasi itu dengan harapan pertemuan tatap muka dapat digelar secara penuh.

Guru Kelas V SD Negeri Nogosaren, Nogotirto, Gamping Sleman Fetty menjelaskan ada tujuh siswa di sekolahnya yang mengikuti vaksinasi karena usianya sudah 12 tahun. Terdiri atas siswa kelas 4 ada satu anak, siswa kelas 5 dua anak dan siswa kelas 6 ada tiga anak. Akan tetapi pada vaksinasi dosis kedua ini hanya enam siswanya yang mengikuti, karena sakit.

"Kami berinisiatif mengikutsertakan vaksinasi karena usianya sudah cukup. Harapannya setelah semua divaksin, bisa segera mengikuti pembelajaran tatap muka secara penuh. Karena belajar online banyak kendala," katanya, Jumat (3/12/2021).

Koordinator Vaksinasi Binda DIY Adi Riyanto menyatakan vaksinasi dosis pertama ini sebelumnya digelar di SMAN 1 Gamping, tetapi karena sedang digelar ujian kemudian dipindah di Puskesmas Gamping II. Adapun peserta vaksinasi dominasi kalangan pelajar serta santri dari Pondok Pesantren serta beberapa di antaranya masyarakat umum.

"Sebagian besar memang pelajar karena sebelumnya digelar di SMAN 1 Gamping. Para pelajar antusias mengikuti," ujarnya.

Persentase vaksinasi di Sleman saat ini mencapai 90,5% dosis pertama, sedangkan seluruh DIY 95% untuk dosis pertama. Lembaganya akan terus melakukan vaksinasi dosis pertama hingga persentasenya terus meningkat. "Kendalanya hanya dari lansia, biasanya karena faktor kesehatan, tensi tinggi, gula darah tinggi," katanya.