Advertisement

Cegah Klithih, Pemkab Sleman Dorong Remaja Lebih Kreatif

Abdul Hamied Razak
Senin, 10 Januari 2022 - 08:47 WIB
Budi Cahyana
Cegah Klithih, Pemkab Sleman Dorong Remaja Lebih Kreatif Ilustrasi kekerasan. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman mendorong para remaja melakukan banyak kegiatan positif dan lebih kreatif. Hal ini dilakukan salah satunya untuk mencegah kekerasan jalanan atau klithih yang melibatkan remaja.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan untuk mewujudkan itu Pemkab bersama dengan Forum Anak Sleman (Forans) dan Duta Genre Sleman mendeklarasikan Remaja Kreatif Sleman. Komitmen tersebut dilakukan dengan komitmen dan deklarasi mewujudkan remaja kreatif di Sleman.

Advertisement

BACA JUGA: Perkembangan Terbaru Tol Jogja-Bawen: Peletakan Baru Pertama Segera Dilaksanakan

"Deklarasi ini menjadi momentum bagi Forans maupun kelompok remaja lainnya untuk berperan dalam berbagai kegiatan positif sehingga menjadi tauladan untuk remaja seusianya," kata Kustini di sela-sela Deklarasi Remaja Kreatif Sleman, Sabtu (8/1/2022) malam.

Dalam deklarasi tersebut, Kustini menekankan dilakukan upaya untuk meningkatkan penyadaran masyarakat dalam mencegah terjadinya perkawinan pada usia anak. Selain itu, meningkatkan penyadaran masyarakat untuk mencegah terjadinya pergaulan bebas atau perilaku seks bebas di kalangan remaja serta meningkatkan penyadaran masyarakat untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba.

"Meningkatkan penyadaran masyarakat untuk mencegah terjadinya kekerasan di jalan yang melibatkan remaja, melakukan segala upaya untuk mewujudkan Sleman menuju Remaja Kreatif serta memberikan informasi, edukasi dan advokasi dalam mewujudkan Sleman menuju Remaja Kreatif," kata Kustini.

Menurut Kustini, saat ini para remaja dituntut untuk meningkatkan berbagai kemampuan baik di bidang akademis maupun nonakademis serta meningkatkan literasi. Dia berharap Forans maupun kelompok remaja lain yang memiliki kegiatan di bidang sosial ataupun lainnya, dapat menjadi tauladan maupun dapat menjadi wadah bagi remaja untuk berkarya dan melakukan hal-hal yang baik.

Ketua Forum Anak Sleman, Xenia Putri Damayanti mengatakan Forans ingin menjadi role mode bagi remaja lainnya di Sleman. Bersama 35 anggota Forans di 17 kapanewon, dia akan berupaya ikut mencegah permasalahan yang melibatkan para remaja seperti klithih maupun pernikahan di usia remaja. "Kami berharap aspirasi anak-anak Sleman dapat ditindaklanjuti oleh Pemkab," katanya.

BACA JUGA: Pemerintah Pastikan Ribuan PKL Malioboro Pindah Akhir Januari

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sleman, Suci Iriani Sinuraya menilai keberadaan Forans memiliki peran penting. Forans dapat menjadi pelopor yang memberi contoh positif bagi remaja lainnya.

"Salah satu tujuannya mengikis kejahatan jalanan yang melibatkan remaja. Ini terkait dengan minat dan bakat yang dimiliki remaja. Kalau minatnya olahraga atau kreativitas lainnya, maka akan difasilitasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement